Pasangan calon (Paslon) nomor urut 3, yakni Helman Fachri - Darso saat debat publik Bupati dan Wakil Bupati Sambas dalam Pilkada 2020, Sabtu (21/11) menjanjikan  akan mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen dari APBD untuk membangun jalan dan jembatan.

“Infrastruktur berupa jalan memilik peranan penting dalam berbagai aspek. Untuk meningkatkan itu tentu butuh strategi yang dikembangkan. Kita menawarkan belanja publik yang selama ini kecil kita tingkatkan. Kita berjanji 10 persen dari APBD untuk membangun jalan dan jembatan,” ujar Calon Bupati Sambas, Helman Fachri.

Baca juga: Paslon Hero - Ruberti janji tingkat IPM melalui beasiswa

Ia menambahkan untuk mengandalkan APBD Sambas semata tentu tidak cukup. Sehingga butuh sinergi dan koordinasi dengan pemerintah provinsi hingga pusat.

“Untuk itu penguatan dan koordinasi dengan di atas kita ketika terpilih itu yang dilakukan. Sehingga infrastruktur baik jalan, jembatan dan lainnya maksimal,” kata dia.

Terkait sektor pertanian terutama soal produktivitas padi di Sambas yang hanya 2,4 ton per hektar atau di bawah produktivitas nasional yang sudah mencapai 5,1 ton per hektare harus menjadi perhatian.

Baca juga: Paslon Satono dan Fahrur janji tekan kasus narkotika di Kabupaten Sambas

“Sambas adalah lumbung padi Kalbar. Meski demikian kita dalam hal produktivitas masih rendah mencapai 2,4 ton saja per hektare dan itu harus ditingkatkan,” kata dia

Untuk meningkatkan produktivitas padi di Sambas menurutnya perlu pengairan yang cukup, penggunaan teknologi dan peralatan pertanian yang mendukung serta peningkatan peran pembinaan melalui penyuluh lapangan.

Baca juga: KPU Sambas siap gelar debat publik Pilkada dengan ketat terapkan prokes

“Selain itu, benih dan pupuk harus diperhatikan petani sehingga produktivitas yang tinggi bisa dikejar. Tidak kalah penting bagaimana produktivitas tinggi persoalan pasca panen harus diperhatikan termasuk soal pasar. Koordinasi dengan provinsi dan pusat harus dilakukan untuk kemandirian pangan dan kesejahteraan petani di Sambas,” katanya.

Dalam Pilkada Sambas 2020 terdapat empat Paslon yakni Paslon nomor urut 1 Heroaldi Djuhardi Alwi - Rubaeti Erlita, nomor urut 2 Satono - Fahrur Rofi, nomor urut 3 Helman Fachri - Darso dan nomor urut 4 yakni Atbah Romin Suhaili – Hairiah.

Baca juga: Debat Pilkada Kapuas Hulu, Baiduri-Rufina siap cegah KKN dengan akhlak spiritual
Baca juga: Debat Pilkada Kapuas Hulu, Hamdi Jafar-John Itang siap majukan daerah dengan potensi SDA
Baca juga: Sis-Wahyu siap percepat pembangunan Kapuas Hulu dari pinggiran
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020