Wakapolres Singkawang, Kompol Kuntadi Budi Pranoto, mengatakan pihaknya akan menurunkan 180 personel yang juga di bantu anggota TNI di kota itu siap untuk mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Seperti biasa pada libur panjang obyek wisata yang ada di Singkawang tentu menjadi pilihan bagi pengunjung luar. Sehingga kami harus tetap siap untuk memberikan pengamanan," kata Kuntadi, usai menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis.

Baca juga: Pemkot Singkawang meriahkan Natal dan Tahun Baru 2021 dengan menghias kota

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada pengunjung, agar selalu menerapkan protokol kesehatan agar liburan Natal dan Tahun Baru nanti tidak sampai menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19.

"Kita terus mengingatkan ke masyarakat setiap harinya (baik siang maupun malam) dengan terus melaksanakan Perwako 49 tahun 2020 tentang protokol kesehatan bersama dengan instansi lainnya," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kabag Ops Polres Singkawang, Kompol Habib Turhiba mengatakan, pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 pihaknya akan melibatkan sebanyak 180 personel dari kepolisian untuk melakukan pengamanan.

Baca juga: Pemkot Singkawang akan menggelar pasar paket Natal 2020

"Dibantu personel dari TNI sebanyak 30 personel, Satpol PP 30 personel dan Dishub 10 personel," katanya.

Pengamanan akan difokuskan pada gereja, obyek wisata dan mengisi pos-pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan).

Menurutnya, ada sebanyak 7 pos yang disiapkan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru. Terdiri dari 5 Pos Pengamanan (Pospam) dan 2 Pos Pelayanan (Posyan).

"Tujuh pos ini kita tempatkan di Pasir Panjang dan lima pos di tiap-tiap kecamatan yang ada di Singkawang," ujarnya.

Baca juga: Meriahkan Natal 2019, Singkawang gelar Christmas Day

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan BPBD, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat di penghujung tahun biasanya selalu terjadi cuaca ekstrim.

Sementara Kasat Pol PP Singkawang, Karjadi menyatakan siap mendukung TNI-Polri memberikan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Kami selaku aparat pemerintahan akan berupaya untuk memberikan kelancaran, kemudahan dan ketertiban agar umat Kristiani dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik," katanya.

Baca juga: Polsek Singkawang Selatan ajak pengendara istirahat di pos pengamanan Bundaran Sakok

Bahkan, dirinya selaku Koordinator Satgas dalam penanganan COVID-19 di Kota Singkawang tak henti-hentinya memberikan imbauan ke masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 di Singkawang.

Untuk tempat wisata, katanya, bukan saja pengunjung yang harus menerapkan protokol kesehatan tapi juga pengelolanya harus demikian.

"Pengelola harus turut serta menerapkan protokol kesehatan, harapannya di saat libur panjang nanti tidak sampai menimbulkan klaster baru," ujarnya.

Guna memastikan hal tersebut, pihaknya akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan. Hal tersebut dilakukan, mengingat Kota Singkawang menjadi titik kedatangan wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Oleh karena itu, harus kita antisipasi agar semuanya tetap aman," katanya.

Baca juga: Jelang Natal, LLAJ Singkawang periksa kelayakan kendaraan umum
Baca juga: Polres Singkawang sediakan pos pengamanan Natal
Baca juga: Warga antusias kunjungi lokasi Singkawang Christmas Day

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020