Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf Jemi Oktis Oil  mengatakan, TMMD ke-110 yang digelar mereka merupakan upaya TNI membantu pemerintah melanjutkan pembangunan di pedesaan yang sempat terhenti karena terdampak pandemi COVID-19, dan sekaligus juga upaya mewujudkan masyarakat tetap produktif dan aman dari COVID-19.

"TMMD adalah salah satu upaya TNI melanjutkan pembangunan di desa, selain itu juga untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19, karena selain membangun infrastruktur, Satgas TMMD juga secara terus menerus mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona kepada masyarakat," kata Dandim 1206 /Putussibau Letkol Inf Jemi Oktis Oil, Kamis.

Baca juga: Habib Maulana Syah termotivasi ingin menjadi Prajurit TNI-AD
Baca juga: Para Petani terbantu dengan pembangunan jalan TMMD Ke-110 Kodim 1206/PSB

Ia mengatakan, selama pandemi Covid-19 hampir seluruh program pembangunan dihentikan oleh pemerintah karena ingin fokus pada penanganan wabah, hingga akhirnya perlahan pembangunan kembali dilaksanakan dengan kebijakan penerapan protokol kesehatan.

Melalui sasaran non fisik, Satgas TMMD 1206/PSB juga memberikan sosialisasi tentang penerapan disiplin protokol kesehatan kepada warga. Satuan tugas juga membagikan masker untuk masyarakat di lokasi TMMD.

Bahkan dalam pelaksanaannya juga personel Satgas TMMD Kodim 1206/PSB juga selalu menerapkan protokol kesehatan. Ini untuk memberikan contoh langsung penerapan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat, sehingga nantinya protokol kesehatan ini menjadi budaya baru bagi masyarakat di lokasi TMMD.

Baca juga: Harapan besar siswa SMAN 1 Pengkadan pada TMMD Kodim 1206/PSB
Baca juga: Masyarakat Pangkadan sambut baik pembangunan yang di lakukan TMMD

"Melalui TMMD ke-110 ini, selain kami ingin manunggal dengan rakyat kami juga ingin mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman dari COVID-19," tegas Dandim.

Sementara itu Wawan (59) salah satu warga  Desa Hulu Pangkadan mengatakan di tengah-tengah pandemi ini tetap produktif melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, dia tetap produktif memanfaatkan waktu luang dan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumahnya. Wawan menanam sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Selama masa pandemi COVID-19 ini saya tetap melaksanakan kegiatan saya berkebun dan bisa membantu ekonomi keluarga saya tentunya. Di setiap kegiatan saya tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19," tutupnya.

Baca juga: Personel TMMD Kodim 1206/PSB sosialisasikan cegah COVID-19 dan Karhutla
Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB siapkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat
Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB tetap berjalan meski di tengah pamdemi COVID-19
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021