Kepada anggota Satgas TMMD Regtas ke-110 Kodim 1206/Putussibau, masyarakat setempat menceritakan sedikit tentang asal usul Tintin Kemantan dan Suka Ramai. Selaku salah tokoh masyarakat Dusun Suka Ramai dan Tintin Kemantan, Mehyadin  menyampaikan bahwa dulu kala sebuah tempat ladang dan perkebunan masyarakat dan masih hutan belantara dengan jalan setapak 

"Asal mula nama Dusun Tintin Kemantan adalah Tintin (pondok kecil) di ladang di buat untuk tempat istirahat dan menyimpan hasil ladang. Sedangkan Kemantan adalah buah Asam yang banyak di sekitaran hutan sampai ke areal Bukit orang tua, Batu datok dan Bukit Embun. Hal itu mendorong asal muasal nama Dusun Tintin kemantan," kata Mehyadin, Minggu.

Syaiful Anwar Kepada Dusun Suka Ramai menambahkan bahwa asal dari Dusun Suka ramai adalah dari dusun lama Tintin Kemantan.

Baca juga: Satgas TMMD bersama warga peringatan Israk Mikraj
Baca juga: Anggota TMMD bantu warga rencanakan sarana untuk berwudhu

"Mengapa nama Dusun Suka Ramai,  karena banyak masyarakat yang datang ke Bukit Orang Tua, Bukit Emben dan Batu Datok melintasi tempat ini sehingga diberi nama Dusun Suka ramai," kata Saiful.

Masran Kades Hulu pengkadan juga  menjelaskan, Desa Hulu Pengkadan merupakan pemekaran dari Desa Riam Panjang yang memiliki dua dusun antara lain Dusun Tua Tintin Kemantan dan Dusun Suka Ramai yang saat sekarang menjadi Sasaran TMMD Regtas ke-110 Kodim 1206/Putussibau.

"Untuk Desa Hulu Pengkadan ini terbentuk pada Tltanggal  07 tahun 2007.  Desa Hulu Pengkadan berdiri yang masih tergolong baru dan akan berupaya membangun desa atas dorongan dan motivasi Satgas TMMD Regtas ke-110 odim1206/PSB," pungkasnya.

Baca juga: Satgas TMMD dukung SDN 06 Suka Ramai ikuti lomba tingkat kabupaten
Baca juga: Camat Pengkadan dorong warganya dukung program TMMD ke-110
Baca juga: Satgas TMMD dan Ibu PKK sediakan konsumsi acara Israk Mikraj
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021