Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengimbau agar kepala Puskesmas yang ada di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu berperan aktif mensukseskan program vaksinasi serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
 
"Kita dituntut bekerja keras dalam penanggulangan COVID-19, makanya program vaksinasi harus kita sukseskan terlebih lagi di jajaran Puskesmas," kata Fransiskus Diaan, di Aula Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Jumat.
 
Disampaikan Fransiskus, Puskesmas juga sebagai garda terdepan untuk memutus mata rantai sebaran COVID-19 dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga perlu peran aktif serta sosialisasi ke masyarakat.
 
"Petugas kesehatan di tingkat Puskesmas harus mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan tidak merasa ragu untuk mengikuti vaksinasi, yang bertujuan untuk mencegah sebaran COVID-19," pinta Fransiskus.
 
Dikatakan Fransiskus, vaksin sudah dijamin pemerintah terkait keamanan dan halal yang telah melalui uji klinis, sehingga masyarakat tidak perlu takut dan khawatir.
 
Ia menyebutkan, untuk saat ini program masih terfokus pada petugas pelayanan publik, namun ke depannya tahapan akan bergeser pada masyarakat umum.
 
"Saya bersama Pak wakil bupati dan jajaran Forkompinda sudah divaksin, termasuk juga Ketua DPRD beserta jajaran, ini sebagai contoh kepada masyarakat," kata Fransiskus.
 
Ia berharap program vaksinasi bisa terlaksana dengan baik dalam dan mempercepat penanganan pandemi COVID-19.
 
Tidak hanya vaksinasi, kata Fransiskus, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, mengurangi mobilisasi.
 
"Kita harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, agar kita semua terhindar dari sebaran COVID-19," pesan Fransiskus.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021