Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum bersama Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang menyerahkan bantuan pendidikan untuk pelajar di sekolah pedalaman di Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
"Kami menyerahkan buku paket pelajaran tingkat SD dan SMP, sedangkan tingkat SMA kami menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sekolah," kata Kepala Balai Besar TNBKDS Kapuas Hulu Arief Mahmud di Putussibau, Kamis.
 
Dia mengatakan pelajar yang menerima bantuan itu dari SDN 11 Tanjung Karang, SDN 12 Tanjung Durian, SDN 19 Tanjung Kuda, SMPN 4 Putussibau, SMAN 1 Putussibau, SMKN 1 Putussibau dan SMAS Kristen Setya Putussibau, yang berasal dari wilayah Mendalam dan merupakan masyarakat penyangga kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK).
 
Dia menjelaskan penyerahan bantuan itu wujud kepedulian TNBKDS untuk memajukan sumber daya manusia serta kualitas pendidikan di sekitar kawasan taman nasional.
 
"Kami berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semoga anak-anak kita semua dapat meraih cita-citanya sebagai generasi penerus bangsa," ucap Arief.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menyampaikan program bantuan tersebut bermanfaat bagi kemajuan pendidikan dan kualitas sumber daya manusia di daerah setempat.
 
"Mewakili Pemkab Kapuas Hulu khususnya Dinas Pendidikan, kami berterima kasih kepada pihak TNBKDS bersama YPOS, semoga bantuan itu memotivasi pelajar untuk lebih giat lagi dalam meraih cita-cita," kata dia.
 
Dalam kesempatan tersebut, pihak Balai Besar TNBKDS dan YPOS memberikan sosialisasi tentang pelepasliaran orang utan di kawasan taman nasional dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga keberadaan satwa tersebut dijaga dan dilestarikan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021