Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kalimantan Barat bekerja sama dengan manajemen pusat perbelanjaan Ayani Mega Mal Pontianak dalam memberikan vaksin kepada 700 karyawannya.

"Pemberian vaksin ini sebagai salah satu bentuk dalam program percepatan vaksinasi COVID-19 di Kota Pontianak," kata Kepala Bidang Pemberantasan, Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dadang Fitrajaya di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, vaksinasi tersebut, selain untuk membentuk kekebalan kelompok, vaksinasi massal yang digelar, juga sebagai perisai transaksi agar roda perekonomian di Kota Pontianak terus berputar.

Baca juga: Sekadau gelar vaksinasi massal

"Program percepatan vaksinasi ini juga bisa menjadi kunci pemulihan diberbagai sektor, salah satunya jika kekebalan kelompok terbentuk secara merata, maka pertumbuhan ekonomi bisa mengalami tren kenaikan yang positif.

"Kita berharap agar capaian vaksinasi di Kota Pontianak hingga akhir tahun ini bisa mencapai lebih dari 70 persen dengan sasaran semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Manager Ayani Mega Mal Pontianak, Gigih Tri Saksono menyatakan, tujuan dalam pemberian vaksin terhadap sebanyak 700 orang karyawannya adalah membentuk "Herd Community" di dalam kawasan bisnis, dengan begitu artinya semua pihak mengharapkan roda ekonomi di Kota Pontianak ini tetap berjalan.

Baca juga: Gapki Kalbar gelar program vaksinasi COVID-19 dan diikuti 1.500 peserta

"Dengan harapan ke depannya bisa membantu normalisasi berbagai aktivitas, diantaranya bidang pendidikan, pusat layanan strategis, serta pemulihan ekonomi dalam jangka panjang," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyatakan, pihak telah menyiapkan sebanyak 38 titik tempat pelayanan bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi COVID-19 di kota itu, baik di puskesmas maupun rumah sakit.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan akan memberikan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat di kota itu dua ribu hingga tiga ribuan orang dalam sehari dalam mendukung atau menyukseskan program Presiden Joko Widodo yang menargetkan akan memberikan vaksinasi sekitar 700 ribuan per harinya.

Baca juga: 890 orang dapat suntikan vaksin COVID-19 pada hari pertama vaksinasi massal
Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Pontianak lebihi target
Baca juga: Vaksinasi di tiga lokasi di Kota Pontianak jangkau sebanyak 2.128 orang
 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021