Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menargetkan 150 ribu warga kota itu sudah divaksin COVID-19 hingga akhir Juli 2021.

"Kita targetkan hingga akhir Juli 2021, sekitat 150 ribu orang yang sudah divaksin guna mencapai herd immunity," kata Edi Rusdi Kamtono saat menghadiri vaksinasi massal serentak di Pelabuhan Senghie yang digelar Lantamal XII Pontianak, Selasa.

Saat ini sudah 94 ribu lebih warga di Kota Pontianak telah divaksin. Program serbuan vaksinasi gencar dilakukan berbagai pihak dan akan terus melaksanakan program vaksinasi, terutama menyasar mereka yang berisiko seperti lansia, penderita komorbid dan sebagainya.

"Kemudian, dalam waktu dekat pula menyusul vaksinasi bagi anak-anak usia 12 tahun ke atas," ujarnya.

Saat ini Kota Pontianak telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara ketat. Dia meminta masyarakat bisa menahan diri serta tetap berada di rumah saja jika tidak ada keperluan yang mendesak.

"Bagi masyarakat yang merasakan kondisi fisiknya sedang tidak fit, seperti sakit flu, batuk dan demam, agar segera mengantisipasi dengan cara melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Dia menambahkan, apabila mengalami gejala lebih berat, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas supaya tidak terjadi kluster keluarga.

Edi mengajak seluruh masyarakat untuk divaksin COVID-19 sebagai upaya melindungi diri dan orang-orang di sekitarnya. Dengan vaksinasi ini diharapkan herd immunity akan tercapai.

"Silakan kunjungi puskesmas terdekat atau tempat-tempat vaksin massal yang digelar oleh pemerintah," ujarnya.
 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021