TNI dan Polri terus kompak mengawal vaksinasi COVID-19 di daerah perbatasan Bengkayang, Indonesia – Sarawak Malaysia agar masyarakat di daerah tersebut terhindar dari wabah yang saat ini masih melanda.

“Kami berserta anggota  dan anggota Koramil Jagoi Babang Serda Riflo Riyadi kembali turun meninjau vaksinasi di Perbatasan Negara tepatnya di Kecamatan Siding. Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti keseriusan TNI-Polri untuk membantu penanganan lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Bengkayang khususnya Kecamatan Siding,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Siding, Ipda Bambang Rudiyanto saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa saat melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Siding Kabupaten Bengkayang sempat berdialog dengan warga yang mengikuti vaksinasi. Ia  memberikan semangat bagi warga untuk bersama-sama memerangi COVID-19, mengingatkan warga yang telah divaksinasi COVID-19 untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Cegah COVID-19, Masyarakat Bengkayang antusias ikuti vaksinasi massal

"Walaupun sudah divaksin, harus tetap menggunakan masker. Kemudian, terus menerapkan disiplin protokol kesehatan karena walau telah divaksin bukan berarti kebal terhadap COVID -19. Kalau sudah divaksin, jangan lupa ajak tetangganya ya," pesan dia.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi dinilai sangat penting. selain memperkuat imun tubuh, juga meminimalisir penularan dari satu individu ke individu lain.

"Oleh karena itu masyarakat diharapkan bisa memahami situasi ini. Masing-masing dari jajaran TNI-Polri akan turun memberikan penguatan, pengamanan pada masyarakat Kecamatan Siding, lalu ada peningkatan kedisiplinan untuk menjalankan Prokes, kemudian mengajak masyarakat untuk vaksin," katanya.

Baca juga: Kejati Kalbar gelar vaksinasi massal dan pemberian sembako bagi 2.000 masyarakat

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkayang, I Made Putra Negara memastikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum terus dilaksanakan setiap harinya secara rutin, di setiap Puskesmas di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Pemkab bersama TNI-Polri terus mengerahkan agar masyarakat mau divaksin dalam mensukseskan program pemerintah untuk melakukan vaksinasi.

Ia berharap, nantinya program tersebut dapat mencapai target dan yang diberikan oleh pemerintah pusat dalam rangka membentuk herd immunity yang baik bagi masyarakat, sekaligus menghentikan laju penyebaran kasus COVID-19.

"Meski saat ini masih dilakukan secara bertahap, tapi yang pasti kita akan terus upayakan agar kita bisa mencapai target itu pembentukan herd immunity," katanya.

Baca juga: Kejati Kalbar vaksinasi massal-pemberian sembako 2.000 masyarakat Pontianak
Baca juga: Pemkab Kubu Raya gelar vaksinasi massal gelombang ke dua
Baca juga: Pemkot Pontianak pisahkan lokasi vaksinasi anak dan orang dewasa

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021