Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada empat komunitas olahraga, hibah alat-alat kesenian bagi 39 pelaku seni dan satu alat olahraga bagi pemuda tahun anggaran 2021 dengan nilai anggaran Rp1,2 miliar.

"Dengan diserahkannya bansos ini sebagai proses penguatan yang terus dilakukan dan menjadi tanggung jawab semua pihak. Bagi Pemerintah Kubu Raya hal ini menjadi stimulan dan mendorong dan menggerakkan melalui Disporapar agar langkah-langkahnya bisa membuat semua bisa bergerak, mulai dari organisasi, olahraga, kepemudaan dan juga pariwisata agar menjadi bagian penting bagi daerah," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa.

Muda menuturkan, pemerintah berusaha memfasilitasi sarana dan prasarana dan memberikan hibah yang menjadi dana operasional yang dinilai masih banyak kekurangan, meski demikian Pemkab Kubu Raya masih bisa menyisihkan anggaran yang ada, mengingat saat ini pemerintah juga masih fokus dalam penanganan pandemi COVID-19. 

"Namun demikian, sektor olahraga pun memberikan kontribusi dalam memperkuat imunitas, termasuk seni budaya melalui kelompok-kelompok seni budaya lokal seperti Tar, Rebana, kelompok majelis taklim, qasidah, dan kelompok Marawis yang dinilai mampu meningkatkan imunitas," tuturnya.

Bupati menyampaikan, sudah banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh para atlet Kubu Raya di bidang sepak bola, bola voli, badminton, renang, angkat besi, tinju dan lain sebagainya. Termasuk juga pelaku seni dan pariwisata. 

"Penyerahan bansos ini juga merupakan bagian dari cara kita memberikan apresiasi kepada pelaku olahraga, komunitas seni dan budaya serta pariwisata,'  ucapnya. 

Di tempat yang sama Kepala Disporapar Kabupaten Kubu Raya Iping Hindrawati mengharapkan agar bantuan ini mampu memberikan motivasi bagi pelaku olahraga, karena tahun 2022 akan ada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). 

"Kita berharap prestasi atlet Kubu Raya di Porprov bisa membanggakan dan mulai sekarang kita selalu koordinasi bersama teman-teman organisasi olahraga agar pembinaan yang dilakukan lebih ditingkatkan mulai dari sekarang untuk persiapan Porprov 2022," kata Iping Hindrawati. 
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021