Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengusulkan tiga ruas jalan dalam Putussibau Ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu untuk masuk status jalan nasional kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pada ruas jalan nasional antara jalan Kom Yos Sudarso dengan ruas jalan Tajung Kerja masih ada tiga jalan berstatus jalan kabupaten, kami minta jalan itu menjadi status jalan nasional," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Disampiakan Wahyudi, tiga ruas jalan dalam kota yang di usulkan menjadi status jalan nasional yaitu Jalan DI Panjaitan dengan panjan 0,439 kilometer, ruas jalan Gadja Mada sepanjang 0,783 kilometer dan jalan Kirin Durian sepanjang 1,731 kilometer.

Menurut dia, apabila tiga jalan kabupaten itu menjadi jalan nasional, akan mempermudah akses pembangunan di tengah keterbatasan anggaran daerah, apalagi tiga ruas jalan tersebut berada dalam Kota Putussibau yang sebenarnya satu ruas dengan jalan nasional yiatu ruas jalan Kom Yos Sudarso (Putussibau)-Tanjung Kerja.

"Kami berharap usulan itu dapat disetujui oleh pihak Kementerian PUPR," pinta Wahyudi.

Disebutkan Wahyudi, secara keseluruhan ruas jalan berstatus jalan nasional di wilayah Kapuas Hulu terdapat 13 ruas jalan dengan total panjang 401,7 kilometer. Sedangkan untuk jalan berstatus jalan kabupaten di Kapuas Hulu sepanjang 1.108,3 kilometer dan terdapat jalan desa sepanjang 1.589,5 kilometer.

Dikatakan dia, dari 1.108,3 kilometer sudah 316,4 kilometer dalam kondisi baik, sedangkan 363,6 kilometer dalam kondisi sedang dan 246,15 kilometer dalam kondisi rusak berat.

Wahyudi juga mengatakan di tengah keterbatasan anggaran daerah kami terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di Kapuas Hulu, dengan kondisi luas wilayah Kapuas Hulu salah satu menjadi kendala dalam percepatan pembangunan khususnya infrastruktur, mesti ada skala prioritas.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat selama ini begitu banyak pembangunan infrastruktur di Kapuas Hulu melalui Kementerian PUPR, itu sangat membantu kami, untuk itu kami berharap tiga jalan kabupaten yang kami usulkan untuk menjadi jalan nasional bisa kiranya di setujui," kata Wahyudi.

Baca juga: Stok sembako Kapuas Hulu aman meski banjir di Sintang
Baca juga: Banjir Kapuas Hulu, debit air di Danau Sentarum meluap
Baca juga: Polres Kapuas Hulu siapkan posko penanganan bencana



 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021