Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat tahun ini memprioritaskan pembangunan penerangan jalan umum (PJU) hingga tingkat kecamatan guna memberikan kenyamanan dan keselamatan masyarakat di jalan.

"Tahun ini secara umum kami akan perhatikan kelengkapan jalan, marka jalan, dan PJU," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Kapuas Hulu M. Bessiar di Putussibau, Selasa (11/1).

Baca juga: Dishub Kapuas Hulu siap perbaiki penerangan jalan kota Putussibau

Dishub Kapuas Hulu akan menyurati masing-masing kecamatan untuk melakukan pendataan dan verifikasi untuk penerangan jalan umum.

Dia mengatakan untuk PJU ke depannya akan disiapkan tempat pengaduan atau call center.

Baca juga: Dishub Kalbar siap fungsikan terminal Kedamin di Kapuas Hulu

"Jadi kalau memang nanti ada kendala untuk PJU akan segera kita tindaklanjuti," ucapnya.

Ia juga mengatakan persoalan PJU akan melihat di masing-masing kecamatan, sehingga tidak hanya fokus untuk penerangan di dalam kota.

Baca juga: Pelayanan di PLB Badau perlu dibenahi

Dishub Kapuas Hulu juga akan melakukan pendataan rambu-rambu jalan nasional, yang nantinya diusulkan untuk pemasangannya.

Bessiar juga menyebutkan akan mengusulkan pemasangan lampu lalu lintas di sejumlah titik di kota Putussibau dan sekitarnya.

Baca juga: Dishub Kalbar rencanakan rehab Terminal Kedamin Kapuas Hulu

"Akan dilakukan uji petik volume kendaraan, kita hanya sebatas mengusulkan berdasarkan studi analisis dan akan dipasang CCTV," kata dia.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022