Vice President Tourism Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Pontianak, Nugroho Henray Ekasaputra mengatakan saat ini destinasi wisata bernuansa mistis mulai diminati masyarakat dan Provinsi Kalbar memiliki potensi destinasi wisata mistis untuk dikembangkan.

"Sejauh ini belum ada pengembangan destinasi wisata mistis di Kalbar, namun banyak tempat yang seharusnya bisa menjadi potensi besar untuk dijadikan tempat wisata bernuansa mistis, salah satunya ada Padang 12," kata dia.

Padang yang memiliki luas sekitar 12 kilometer ini berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, ceritanya begitu fenomenal dan ramai dibicarakan oleh masyarakat setempat dari mulut ke mulut.

Padang 12 ini dipercaya masyarakat sebagai kota ghaib yang ada di Ketapang dan tidak semua mata manusia dapat melihatnya, hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat keghaiban kota ini.

"Peluang wisata yang berbau mistis bukan main-main lagi sekarang, namun terlepas dari itu membuat suatu tempat menjadi destinasi wisata mistis perlu waktu dan perlu dimatangkan lagi terutama dalam segi ekonomi kreatifnya," ujarnya.

Menurut dia, jika ingin populer destinasi wisata seperti itu harus dibalut dengan ekonomi kreatif, seperti dijadikan film, novel atau menjadi sebuah karya tulisan yang bisa membuat orang penasaran untuk datang langsung ke lokasi kejadian.

"Saat ini banyak tempat-tempat di Kalbar yang jadi bahan pembicaraan masyarakat setempat masih berupa bahan yang perlu digali lebih dalam lagi agar bisa menjadi destinasi wisata. Berharap tempat-tempat yang memiliki kisah atau legenda di Kalbar ini bisa dipasarkan atau menjadi peluang bagi orang yang bergerak di ekonomi kreatif sehingga dari pariwisata juga bisa mengikuti dan menggarapnya lebih dalam mengenai destinasi wisata di Kalbar ini," katanya.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022