Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Rosalina Muda mengatakan, pihaknya akan fokus pada pembinaan tata kelola manajemen PKK hingga tingkat desa dalam memaknai peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50. 

"Untuk memeriahkan HKG ke-50 di Kubu Raya, kami menggelar berbagai perlombaan di seluruh kecamatan. Namun yang paling fokus pada even ini adalah kita melakukan pembinaan untuk tata kelola manajemen PKK, menyangkut kesekretariatan PKK dan administrasi PKK," kata Rosalina di Sungai Raya, Selasa.

Baca juga: TP PKK Kubu Raya diimbau gencarkan gerakan pemberdayaan masyarakat

Baca juga: Bupati Kubu Raya minta PKK bantu pemasaran produk UMKM

Dia menjelaskan, selain dilakukan di tingkat kabupaten, semarak peringatan HKG PK Ke-50 tahun ini yang sudah memasuki usia emas juga di lakukan di semua (sembilan) kecamatan yang ada di kabupaten itu.

"Untuk kegiatan HKG PKK ke 50 tahun 2022 ini memang kita berikan kesempatan kepada semua kecamatan, dan Alhamdulillah hari ini, semua (19) desa di kecamatan Sungai Raya ikut andil dalam kegiatan tahunan PKK ini dan kita serahkan semua kegiatan dan perlombaannya kepada TP PKK kecamatan," tuturnya.

Rosalina menyampaikan, pada kegiatan ini semua desa menampilkan stan pameran berbagai produk UMKM, makan dan minuman unggulan dari masing-masing desa. Termasuk juga lomba senam, mengimplementasikan 10 program PKK, kekerdilan, penyuluhan kesehatan keluarga, bina keluarga dan lain sebagainya.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya dorong peningkatan UMKM di tiap kecamatan

Baca juga: TP PKK Kota Baru Kalsel belajar UMKM ke Kabupaten Kubu Raya Kalbar

Selain hadir di setiap kecamatan, Rosalina Muda menambahkan, pihaknya juga mengunjungi desa percontohan dari masing-masing kecamatan, yang mana desa percontohan ini ditunjuk untuk menyiapkan administrasi PKK yang akan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

"Jadi fokus kita, selain menggelar berbagai perlombaan even ini juga kita utamakan untuk manajemen PKK, bagaimana bentuk pelaporan dan program-programnya.

Dirinya mengharapkan, kegiatan ini setiap tahunnya bisa diselenggarakan di tiap kecamatan, sehingga gaung program PKK ini bisa sampai ditingkat desa.

"Sehingga PKK dan masyarakat di tingkat desa mengerti bahwa peran PKK itu untuk memberdayakan keluarga sejahtera," kata Rosalina.
 
Baca juga: Bupati Kubu Raya minta PKK bantu pengembangan UMKM lokal

Baca juga: Dekranasda dorong PKK Desa kembangkan produk olahan lokal

Baca juga: Ketua TP PKK Kubu Raya ajak ibu menyusui agar ikut vaksinasi COVID-19

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022