Dinas Pendidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat terus gencarkan program jemput bola untuk perekaman E- KTP dalam rangka mendekatkan layanan kepada masyarakat.

"Upaya jemput bola perekaman E-KTP terus dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat atau tak jauh dan repot pergi ke dinas. Hal ini juga strategi kami agar mau dan peduli mengurus administrasi kependudukannya," ujar Sekretaris Dukcapil Kabupaten Bengkayang, Akam saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Baca juga: Disdukcapil Landak jemput bola pembuatan e-KTP
Baca juga: Perekaman e-KTP Sambas melalui jemput bola
Baca juga: Disdukcapil maksimalkan GISA dengan layanan jemput bola

Ia mengakui bahwa di lapangan masih ditemukan sejumlah tantangan yakni kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan. Hal tersebut lah masih menjadi pekerjaan rumah dari Disdukcapil dalam mensosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat agar masyarakat segera mengurus dokumen administrasi kependudukan.

"Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan menjadi kendala kita di lapangan saat jemput bola. Padahal dokumen administrasi kependudukan sangatlah penting bagi masyarakat," jelas dia.

Ia menyebutkan saat ini paling banyak masyarakat belum melakukan perekaman E-KTP adalah di wilayah Kecamatan Monterado dan wilayah pesisir Bengkayang. Banyaknya masyarakat di wilayah tersebut belum melakukan perekaman tersebut lantaran jumlah penduduk masyarakat yang lumayan besar dibandingkan dengan kecamatan lainnya.

Baca juga: Disdukcapil jemput bola rekam data pelajar SMA
Baca juga: Legislator Sambas dorong disdukcapil jemput bola perekaman e-ktp
Baca juga: Disdukcapil Sambas jemput bola perekaman KTP elektronik

"Edukasi dan sosialisasi akan terus kita lakukan. Mengingat, KTP adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki seorang," j1¹elas dia.

Ia menambahkan, dokumen penting yang perlu di miliki setiap penduduk yakni seperti Akte, Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang harus dimiliki agar mudah dalam melakukan urusan pelayanan publik.

Saat ini di Dukcapil ketersediaan akan blangko E-KTP masih banyak untuk itu ia berharap agar masyarakat yang hendak melakukan perekaman dan lainnya bisa langsung ke kantor. Ketersediaan blangko tersebut dipastikan aman hingga akhir tahun.

"Sarana-prasarana seperti blangko kita tak ada kendala. Saat ini stok blangko E-KTP masih 7 ribu lebih. Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Bengkayang yang sudah wajib E-KTP tetapi belum melakukan perekaman, dan mengalami kerusakan E-KTP dipersilahkan datang ke Disdukcapil agar melakukan perekaman," katanya.

Baca juga: Kubu Raya Percepat E-KTP Dengan Jemput Bola
   

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022