Kepala Dinas Ketahanan (Disket) Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menyebutkan bahwa ketersediaan stok daging aman di provinsi ini karena telah melebihi kebutuhan yang ada.

“Ketersediaan daging secara umum artinya tidak hanya hewan ternak  saja tapi termasuk daging beku juga baik yang diproduksi lokal maupun pasokan dari luar, stok untuk Juli 2022 melebihi dari kebutuhan,” ujarnya di Pontianak, Senin.

Baca juga: Bulog Kalbar siapkan 4.500 ton beras dan 16 ton daging sapi jelang Idul Adha
Baca juga: Pemerintah Provinsi Kalbar proyeksikan kebutuhan daging untuk Idul Adha cukup

Ia menambahkan dengan kondisi  ketersediaan daging sapi di Kalbar aman maka masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan lancar, serta harga daging konsumsi di pasar bisa stabil.

“Momen hari biasa dan hari besar keagamaan seperti menghadapi Idul Adha aman dari sisi stok dan harga. Sementara terkait pangan lainnya, terutama soal harga secara umum relatif stabil. Hanya ada kenaikan sedikit pada bawang merah dan cabe rawit tapi masih wajar. Bawang putih dan telur alami tren menurun,” kata dia.

Baca juga: Ketersediaan daging selama Ramadhan di Kalbar di pastikan aman
Baca juga: Harga daging ayam ras turun dorong Kalbar alami deflasi Juli 2021

Sebelumnya, pihaknya juga telah mengikuti Rapat Satgas Pangan membahas stabilitas harga daging dan ketersediaan stok daging menjelang Idul Adha dan dampak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Markas Kepolisian Daerah Kalbar.

Dalam kegiatan itu selain membahas stok daging dan stabilitas harga juga membeda soal penanganan kasus PMK yang akan didukung oleh Polri. Seluruh Babinkamtibmas di lapangan akan dilibatkan, namun perlu Bimtek dulu dari peternakan. Kemudian juga dibahas lalu lintas ternak yang  perlu pengawasan dengan ketat agar mengantisipasi sebaran penyakit PMK, terutama yang berasal dari zona merah. Apabila perlu dilakukan lock down lokal atau  tidak boleh keluar masuk ternak dari dan ke daerah tersebut dalam skala kecamatan. 

Baca juga: Harga daging sapi di Pontianak mulai naik
Baca juga: Jelang Ramadan harga daging sapi di Pontianak stabil
Baca juga: Jelang bulan Ramadhan harga daging sapi di Kalbar berpotensi naik

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022