Bupati Ketapang, Martin Rantan membuka secara resmi dimulainya TNI Manunggal Masuk Desa (TTMD) Imbangan ke 114 di Ketapang melalui Upacara Pembukaan di Pendopo Bupati Ketapang, Selasa. Tema TTMD ke 114 ini yakni "TTMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI".

"TTMD Imbangan ke 114 di Desa Sebadak Raya Kecamatan Nanga Tayap tahun 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka," ucap Bupati saat menyampaikan kata sambutan.

Bupati mengatakan TTMD ini akan berlangsung hingga 24 Agustus mendatang. Arahnya pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di Desa Sebadak Raya.

Baca juga: Wakil Bupati Ketapang harap TMMD berkesinambungan
Baca juga: Wabup buka TTMD Reguler ke 112 Kodim 1203 Ketapang
Baca juga: Kodim Ketapang silaturahmi bersama tokoh masyarakat cegah COVID-19


"TTMD ini harus kita dukung penuh karena diperlukan sinergi antara TNI dengan rakyat. Serta Pemerintah Daerah, Polri dan lainnya agar desa dapat lebih berkembang. Kemudian mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada," ujarnya.

Bupati menjelaskan melalui semangat gotong royong yang menjadi basis spirit TTMD. Maka berbagai kegiatan akan dilaksanakan guna mempermudah aksesibilitas. Serta meningkatkan derajat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Ia mencontohkan seperti pembangunan air bersih, pipanisasi, pemasangan lampu penerangan jalan, rehabilitasi rumah ibadah dan jembatan. Serta kegiatan yang bersifat mengedukasi masyarakat tentang isu strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan saat ini.

"Ini menunjukkan bahwa TTMD bukan semata membangun sarana secara fisik di desa. Tapi juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu dan inovatif mengelola potensi yang ada. Serta memiliki kesiapsiagaan dan daya tangkal terhadap ancaman masyarakat dan keutuhan bangsa," tutur Bupati.
 
Bupati menyerahkan berita acara dimulainya TTMD Imbangan ke 114 kepada Dandim 1203 Ketapang di Pendopo Bupati Ketapang, Selasa (ANTARA/Subandi)


Bupati mengimbau agar pelaksanaan TTMD ini tetap dengan menjalankan protokol kesehatan. "Karena kita masih berada dalam suasana pandemi covid-19," tegas Bupati.

"Kemudian Camat dan kepala desa, saya berpesan agar masyarakat dapat berkontribusi. Serta berpartisipasi aktif menyukseskan kegiatan TTMD ini karena hasilnya nanti tiada lain adalah untuk masyarakat di desa itu sendiri," imbaunya.

Dandim 1203 Ketapang, Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan TTMD Imbangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin sejak 1980. Kegiatan ini sebagai upaya memelihara dan meningkatkan TNI dengan rakyat. Serta dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa.

"Kemudian untuk mempercepat pembangunan daerah dan pengentasan kemiskinan. Sehingga mampu mengejar ketertinggalan dalam pembangunan pedesaan khususnya di wilayah tanggung jawab Kodim 1203 Ketapang," katanya.

Dandim menegaskan TTMD harus disukseskan bersama karena dapat terlaksana baik apabila di dukung adanya kerjasama dan gotong royong semua unsur yang terlibat. "Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya NKRI," jelasnya.

Baca juga: Pendim 1203 ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada awak media publikasikan TMMD
Baca juga: Pasca penutupan TMMS 108 warga desa banyak mendapatkan inspirasi
Baca juga: Prajurit TNI jadikan kegiatan TMMD sebagai kenang-kenangan

"Serta merupakan kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi berbagai masalah Bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, pembangunan sumber daya manusia dan lain-lain. Pelaksanaan program TTMD Imbangan ke-114 terbagi dalam dua kegiatan yaitu fisik dan non fisik," lanjut Dandim.

Dipaparkannya, kegiatan fisik meliputi rehab gereja dan jembatan. Kemudian pembangunan jaringan air bersih dan penerangan jalan umum.


Baca juga: Warga Dusun Kumpai Panjang kenang Satgas TMMD 108 Kodim 1203/Ktp
Baca juga: Kades dan para tokoh masyarakat janji akan menjaga dan merawat hasil pembangunan TMMD 108
Baca juga: Sukses TMMD Reguler 108 Kodim 1203/Ktp yang terus disyukuri warga
Kegiatan non fisik di antaranya sosialisasi desa tangkal covid 19, kesehatan sanitasi, penyuluhan wawasan kebangsaan. Serta penyuluhan bahaya narkoba, kebakaran hutan dan lahan serta penyuluhan pertanian dan perkebunan.

"Kepada Pemkab Ketapang kami ucapkan terimakasih sudah mendukung kegiatan TTMD Imbangan ke-114 ini. Harapan kami masyarakat Desa Sebadak Raya dapat mendukung sepenuhnya sehingga kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat," tutur Dandim.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022