Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kota Singkawang, Suhandi meminta pemerintah kota dan pihak terkait lainnya membuat program prioritas penanggulangan banjir agar tidak terus terjadi banjir ketika hujan dengan intensitas tinggi.

"Banjir adalah dampak paling nyata ketika memasuki musim hujan. Namun, kalau kita lihat, bencana banjir ini baru ditangani ketika sudah kejadian, belum dimasukkan menjadi skala prioritas dalam program yang berkelanjutan," kata Ketua AMPG Kota Singkawang, Suhandi di Singkawang, Minggu.

Ia mengatakan salah satu program konkret yang harus dilakukan untuk menanggulangi banjir adalah membuat rancangan khusus sinergi juga dari dinas-dinas terkait. 

"Sudah seharusnya semua pihak saling bahu membahu dan berkolaborasi. Baik antar pemerintah daerah dengan masyarakat maupun elemen-elemen terkait di Kota Singkawang," tuturnya.

Tujuannya untuk merancang suatu program bersama dalam hal penanggulangan banjir. Program tersebut haruslah meliputi perlakuan prabencana sampai pada pascabencana.

Terakhir, yang terpenting disarankan dia adalah adanya kesepakatan bersama yang wajib dilaksanakan oleh seluruh pihak terkait.

"Apalagi bisa dituangkan dalam bentuk peraturan daerah sehingga menjadi lebih kuat landasan hukumnya," kata dia.

Suhandi juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk menertibkan praktik ilegal yang salah satunya tambang Galian C.

"Karena aktivitas ini diduga menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Singkawang," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022