Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade Surdiansyah mengatakan tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas), Polres Kubu Raya mengerahkan sejumlah personil di lokasi iven "robo-robo" yang diselenggarakan warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

“Saat kegiatan robo-robo yang selenggarakan warga, mewajibkan hadirnya Polri dalam menjaga situasi  kamtibmas yang aman serta kondusif,” ungkap Aipda Ade Surdiansyah di Kubu Raya, Rabu.

Ade menjelaskan, ada tiga Kecamatan yang melaksanakan tradisi bela kampung atau robo-robo, yakni Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Batu Ampar.

"Polres Kubu Raya menurunkan puluhan personilnya dalam mengamankan rangkaian ritual  budaya robo-robo melalui Polsek wilayah jajaran Polres Kubu Raya,” ungkap Ade.

Menurutnya, pada pelaksanaan tradisi robo-robo yang diselenggarakan setiap tahunnya, Polres Kubu Raya akan selalu siap hadir di tengah-tengah masyarakat untuk selalu menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif.

Ade menambahkan, kegiatan ini mengandung nilai-nilai kearifan lokal, yang sesungguhnya dapat diimplementasikan dalam menunjang pembangunan kehidupan sosial masyarakat pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Ia berharap kegiatan dapat berjalan aman dan ini menjadi nilai wisata bagi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kubu Raya.

Sementara itu Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyebutkan acara tradisi kearifan loka robo-robo ini merupakan warisan peninggalan budaya menjadi asset budaya yang ada di Kalbar.

Menurut Muda, kegiatan tradisi ini memiliki karakteristik yang kuat dan menjadi salah satu alat pemersatu dalam kehidupan masyarakat di Kalbar khususnya masyarakat Kabupaten Kubu Raya,

“Makna penting dari tradisi ini untuk memohon keselamatan dan keberkahan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan saat menghadiri acara robo-robo di Kecamatan Sungai Kakap.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022