Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meminta aparatur sipil negara membantu mempromosikan setiap agenda wisata dan menjadi pendamping penyelenggara event yang mampu menarik wisatawan.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kalimantan Barat Windy Prihastari mengatakan aparatur sipil negara (ASN) memiliki penting dalam mendukung suksesnya kegiatan wisata.

"Untuk itu kami minta ASN bisa membantu mempromosikan setiap agenda wisata yang ada di daerah," kata Windy pada kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas penyelenggaraan kegiatan pariwisata daerah di Pontianak, Jumat.

Dia mengatakan, event pariwisata adalah salah satu media promosi efektif yang dapat mempromosikan destinasi pariwisata untuk menarik wisatawan dari mancanegara maupun Nusantara.

"Maka dari itu, kita harus menyukseskan event tersebut, dan buat eventnya semenarik mungkin dan sesuai dengan aturan yang berlaku," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa bimtek tersebut sangat penting untuk persiapan perencanaan penyelenggaraan setiap event di daerah.

"Dalam penyelenggaraan suatu event tentunya sudah ada pedoman yang harus dipatuhi," katanya.

Pada bimtek gelombang pertama ini, pesertanya dari perangkat daerah di lingkungan Provinsi Kalimantan Barat, narasumbernya dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI,  Windy.

Selain itu, ia mengatakan ada 8 (delapan) modul materi yang disiapkan, salah satunya pentingnya suatu sertifikasi dalam menyelenggarakan event bagi penyelenggara.

"Para penyelenggara event harus memahami bahwa berdasarkan ketentuan Kemenparekraf, d penyelenggara event wajib mempunyai sertifikat," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022