Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya mengajukan pembentukan Perusda Aneka Usaha untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengusulkan Raperda tentang Pembentukan Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Aneka Usaha Menanjak Bahagia kepada DPRD Kubu Raya untuk dibahas," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan seusai menyampaikan pidato mengenai tujuh Raperda Eksekutif di Ruang Sidang DPRD Kubu Raya, Selasa.

Muda Mahendrawan menjelaskan, pendirian Badan Usaha Milik Daerah juga diharapkan dapat menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan dalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Muda mengatakan Perumda Aneka Usaha Menanjak Bahagia bergerak di bidang usaha perdagangan umum, perikanan, dan perkebunan. Dengan didirikannya salah satu BUMD tersebut, diharapkan dapat mengelola potensi sumber pendapatan daerah lainnya yang belum dimaksimalkan.

"Padahal potensi-potensi yang ada dinilai bisa menghasilkan pendapatan dan perlu dikelola secara mandiri serta profesional. Sebab mampu dalam menunjang keberlangsungan layanan pemenuhan kebutuhan kepada masyarakat," tuturnya.


Terkait upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Muda menuturkan pentingnya memperkuat gerakan-gerakan ekonomi di masyarakat. Caranya adalah dengan membangun kerja sama antara Perusda dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan berbagai pihak lainnya.

Perusda, kata dia, tidak harus selalu punya aset. Namun ia dapat mengambil peran lainnya dalam rangkaian mata rantai proses produksi atau jasa.

"Apakah dia sebagai pemasok, pengumpul, atau salah satu mata rantai dalam proses produksi atau jasa. Jadi bukan harus dia hulu ke hilir seperti konsep-konsep lama. Jadi utamakan bagaimana menggerakkan ekonomi masyarakat terutama berkolobarasi dan bersinergi dengan BUMDes supaya desa bergerak juga ekonominya," katanya.


Terkait Perusda Aneka Usaha yang dinamakan Menanjak Bahagia tersebut, Muda menerangkan hal itu dilakukan agar terbangun kultur progresivitas dan optimistis. Sebab, tujuan pendirian BUMD adalah untuk membahagiakan masyarakat.

"Tentu sebuah Perusda dibentuk bukan hanya untuk kepentingan pemerintahnya tapi juga masyarakatlah yang paling utama," kata Muda.

Muda menambahkan, untuk menciptakan Perusda yang profesional, diperlukan penyusunan manajemen yang profesional. "Selain itu mulai dari rekrutmennya itu juga harus dilakukan secara profesional dan tidak subyektif apalagi bermotif politis," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022