Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengatakan akan ada 26 naga yang melakukan atraksi pada Festival Cap Go Meh 2023 di daerah itu.

"Ada 26 naga yang akan beratraksi. Ini luar biasa dan ini pemecah rekor di Indonesia, sehingga Pemkab Kubu Raya juga turut memeriahkan," kata Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Jumat.

Muda mencontohkan, Naga Sinar Berkah dengan panjang 62,8 meter yang sudah bertandang ke kantornya hari ini merupakan naga terpanjang kedua dari 26 naga yang beratraksi di Kota Pontianak pada perayaan Cap Go Meh.

Dirinya mengaku bangga, karena di hari buka mata naga di tahun Kelinci Air bagi masyarakat Tionghoa, Naga Sinar Berkah beratraksi di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

"Budaya ini kan perekat keberagaman. Di Kubu Raya, keberagaman itu dianggap sebagai sumber kebahagiaan, bukan ancaman, bukan keresahan apalagi ancaman," tuturnya.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan, dengan datangnya naga di Kantor Bupati pada awal buka mata ini, diharapkan menjadi doa, memberikan kebaikan, dan kebahagiaan bagi masyarakat Kubu Raya.

"Yang terpenting adalah toleransi dan persatuan tetap terjaga dan ekonomi semakin menanjak," tutur Bupati Muda.

Dirinya mengaku bangga, lantaran naga dari Kubu Raya juga turut memeriahkan perayaan Cap Go Meh di Pontianak. Bahkan Naga Sinar Berkah ini tercatat sebagai naga terpanjang yang akan beratraksi pada perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak.


Baca juga: Ritual naga buka mata digelar di vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang

Baca juga: Festival Cap Go Meh 2023 siap digelar di Pontianak
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023