Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching melantik Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 mendatang untuk wilayah Sarawak Malaysia.

"Ada tujuh orang PPLN terpilih yang kami lantik untuk membantu KPU dalam penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024 di wilayah Sarawak," kata Konjen RI Kuching Raden Sigit Witjaksono, dihubungi ANTARA, di Pontianak, Minggu.

Disampaikan Sigit, setelah dilantik maka PPLN itu akan langsung melaksanakan tugas seperti melakukan pemutakhiran data pemilih Warga Negara Indonesia yang berada di Sarawak Malaysia.

Kemudian akan ada daftar pemilihan sementara, daftar pemilihan hasil perbaikan dan akan ada daftar pemilihan tetap untuk menuju Pemilu 2024 mendatang.

Dia menekankan agar anggota PPLN Sarawak berkomitmen menjaga setiap proses atau tahapan Pemilu 2024 terutama di wilayah Sarawak hingga berjalan dengan jujur, adil, aman dan berintegrasi.

Menurutnya, untuk anggota PPLN Sarawak tugas cakupannya lumayan luas. Apalagi wilayah Sarawak hampir sama dengan luas Pulau Jawa. Hal tersebut tentunya diikuti dengan target potensial jumlah pemilih yang cukup besar pula.

Dia menyebutkan pada Pemilu yang lalu suara sah pemilih di wilayah Sarawak itu mencapai di atas 70 ribu suara.

"KJRI Kuching selalu siap memberikan dukungan dan kerjasama dengan sekretariat PPLN Sarawak untuk mensukseskan semua proses dan tahapan persiapan Pemilu 2024," ucapnya.

Untuk itu, Sigit menyarankan agar anggota PPLN Sarawak, melakukan pembagian tugas, agar potensi suara atau pemilih dari para WNI yang ada di seluruh Sarawak ini dapat di rangkum semua.

"Kita harapkan semua tahapan hingga penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang bisa sukses berjalan aman dan lancar," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius/Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023