Satuan polisi lalu lintas Polres Kapuas Hulu Kalimantan Barat memberikan imbauan humanis terkait keselamatan berlalu lintas dalam rangka Operasi Keselamatan Kapuas Tahun 2023 di daerah tersebut.

"Salah satu tujuan Operasi Keselamatan Kapuas itu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat berlalu lintas, sehingga kami sampaikan imbauan dengan humanis," kata Kepala Satlantas Polres Kapuas Hulu IPTU Usman, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Usman, pelaksanaan Operasi Keselamatan Kapuas juga dilaksanakan dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan agar masyarakat dapat mematuhi peraturan berlalu lintas.

Menurutnya, dalam operasi keselamatan itu melibatkan pihak Polisi militer dan jajaran TNI yang dimulai sejak 7 hingga 20 Februari 2023.

Dia mengatakan sasaran Operasi Keselamatan Kapuas berkaitan dengan pelanggaran kendaraan berlalu lintas seperti berkendara di bawah pengaruh alkohol,menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu, pengendara melawan arus, tidak menggunakan helm dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Dia pun mengingatkan agar masyarakat dapat mematuhi peraturan berlalulintas, baik kelengkapan kendaraan mau pun surat menyurat kendaraan.

"Kami lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penindakan pelanggaran lantas baik nyata maupun kasat mata menggunakan etle statis dan mobile dengan menggunakan blangko teguran," jelas Usman.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023