Perhelatan Kirab Pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi tanda satu tahun menjelang pemilu di Kota Pontianak diluncurkan dan ikuti Forkopimda dan peserta pemilu.

"Kirab pemilu ini tanda positif untuk menyukseskan Pemilu 2024. Dalam agenda ini melibatkan para pihak," ujar Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya yakin Pemilu 2024 siap digelar hingga hari pelaksanaan pemungutan suara 2024 mendatang. Menurutnya, hal itu bisa terwujud tentu tidak terlepas dukungan dari Forkopimda, peserta pemilu, tokoh agama, tokoh masyarakat, media serta masyarakat.

"Sejauh ini meskipun proses tahapan pemilu masih sesuai jalurnya namun kami bukan lembaga sempurna. Sehingga butuh dukungan dari semua pihak," jelas dia.

Ia mengajak masyarakat di Pontianak untuk berpartisipasi bukan hanya saat pemilihan saja namun di setiap proses pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami mengajak dan mengimbau semua elemen masyarakat mari bersama berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi, Pemilu 2024," ajak dia.

Sementara itu, Anggota KPU Kalbar, Lomon mengatakan Kirab Pemilu 2024 adalah langkah untuk menyonsong pesta demokrasi di Indonesia. Ia mengajak dalam perhelatan pemilu harus dijalankan suku cita dan gembira ria.

"Pemilu ini adalah pesta demokrasi bagi kita. Namanya pesta demokrasi maka dijalankan dengan suka cita atau gembira. Sebagaimana tema Kirab Pemilu 2024 ini, pemilu juga sebagai sarana integritas bangsa," ucap dia.

Ia menjelaskan untuk Kirab Pemilu 2024 di Kalbar dilaksanakan di 11 kabupaten atau kota. Setiap daerah dilakukan selama tujuh hari.

"Dalam kirab tersebut dilakukan sosialisasi, pendidikan pemilih dan lainnya. Kami sangat mengapresiasi dukungan semua pihak semoga dari saat ini hingga selesai semua berjalan lancar," ucap dia.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang hadir dalam Kirab Pemilu 2024 berharap pelaksanaan Pemilu 2024 lebih berkualitas dan berjalan sebagaimana ketentuan yang ada.

"Terpenting dari semua rangkaian berjalan aman dan tentram. Pemerintah daerah tentu mendukung semua proses dari perhelatan pesta demokrasi ini," jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023