Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja secara profesional dan meningkatkan loyalitas pelayanan publik dengan dedikasi serta dilandasi jiwa yang tulus dalam pengabdian kepada masyarakat terutama di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Jabatan adalah amanah dan kepercayaan untuk itu laksanakan nilai-nilai dasar ASN berakhlak yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif," kata Fransiskus Diaan, saat melantik 136 pejabat Administrator dan Pengawasan Pemkab Kapuas Hulu, di Putussibau, Kamis.

Disampaikan Fransiskus, setiap pejabat pemerintahan yang telah dilantik mesti siap menjalankan tugas dan ditempatkan dimana saja sesuai peraturan yang berlaku.

Menurutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pejabat di setiap instansi pemerintahan merupakan bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, peningkatan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik, agar tetap berjalan dengan baik terutama dalam kaitannya dengan prioritas pembangunan serta bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Dijelaskan Fransiskus, berkaitan dengan proses pembinaan kepegawaian di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu mengacu kepada Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 Tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta aturan lainnya yang merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang ASN.

"Hal itu juga sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN berbasis sistem merit, yang bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, menjunjung tinggi etika profesi bebas dari intervensi politik dan praktek KKN," katanya.

Selain itu, Fransiskus juga menekankan untuk meningkatkan disiplin, motivasi kerja dan identitas serta wibawa, diminta kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu untuk wajib menggunakan pakaian dinas sang atribut pada hari kerja sesuai ketentuan yang berlaku.

"Saya sangat berharap agar seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu terus meningkat kinerja terutama dalam pelayanan kepada masyarakat," kata Fransiskus.
Pelantikan pejabat Administrator dan Pengawasan di Lingkungan Pemkab Kapuas Hulu yang dipimpin oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Gedung Voli Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (9/3/2023). ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023