Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Kuching Raden Sigit Witjaksono mengatakan, sebanyak 25 wisatawan asal Sarawak Malaysia melakukan tur wisata menjelajahi keindahan Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang berada di Kalimantan Barat menggunakan Kapal Bandong selama enam hari, sejak 10 hingga 16 Maret 2023.

"Kegiatan tur wisata pelayaran jelajah Sungai Kapuas dan Danau Sentarum ini sebenarnya sudah kedua kalinya. Penyelenggaraan kegiatan ini diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Sarawak serta Kamar Dagang dan Industri Dayak, Sarawak. Dimana sehari sebelum kegiatan dimulai rombongan wisata melakukan pertemuan dengan kami di Kantor KJRI Kuching," kata Konjen RI Kuching Raden Sigit Witjaksono saat dihubungi, Sabtu.

Sigit menjelaskan, kegiatan pelayaran wisata jelajah aliran Sungai Kapuas ini seperti yang disampaikan pihak penyelenggara kepadanya, yaitu selain mempererat hubungan antara masyarakat Indonesia khususnya Kalbar dengan masyarakat Sarawak, juga merupakan titik awal pengembangan potensi wisata dan kemajuan ekonomi di Kalbar.

"Bagi kami kegiatan ini sangat positif dan tentu saja Pemerintah Indonesia khususnya Pemprov Kalbar sangat mendukung kegiatan ini," katanya.

Dia menambahkan, apalagi wisatawan asal Sarawak dapat mengunjungi lokasi-lokasi potensi wisata menarik selama mereka melakukan tur tersebut. Dan ini kesempatan Kalbar untuk memanfaatkan mengembangkan kemajuan industri pariwisata.

Sigit juga mengatakan, bila dari kegiatan tur pelayaran jelajah Sungai Kapuas ini memang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia maka bukan tidak mungkin pesona keindahan alam wisata Danau Sentarum dan aliran Sungai Kapuas dapat menjadi promosi bagi wisatawan Malaysia dan negara lainnya untuk berkunjung ke Kalbar dan melakukan tur yang sama.

"Kami yakin potensi keindahan alam Kalbar yang memiliki daya tarik dan nilai jual pariwisata masih banyak yang belum diketahui orang luar. Kegiatan tur ini kita harapkan dapat menjadi awal terbukanya dikenal orang dan menjadi tujuan utama para wisatawan baik dalam maupun luar negeri," kata dia.

Konjen RI Kuching dalam tur jelajah Sungai Kapuas edisi kedua ini, selain masyarakat biasa, juga diikuti oleh mantan Menteri Federal Tan Sri Leo Moggie dan tokoh masyarakat Julau Datok Temenggong Janggu.

"Kegiatan dimulai dari wilayah Hulu Sungai Kapuas di wilayah Kapuas Hulu, kemudian menikmati keindahan alam di Danau Sentarum. Kemudian dengan Kapal Bandong rombongan wisata itu akan menuju Kota Pontianak melalui beberapa ibu kota Kabupaten yaitu Kota Sintang, Kota Sekadau, Kota Sanggau dan berakhir di Kota Pontianak," kata Konjen RI tersebut.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023