Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk lebih peduli dalam masalah kemanusiaan dengan aksi donor darah secara rutin.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk peduli kemanusiaan seperti dengan melakukan donor darah. Terhadap yang sudah rutin donor kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para sukarelawan donor darah yang telah ikhlas membantu sesama yang membutuhkan," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa kebutuhan stok darah terus meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk di Kota Pontianak. Kebutuhan darah di Kota Pontianak rata-rata setiap hari 120 kantong.

Sementara stok darah yang tersedia rata-rata 80 kantong. Dengan kondisi demikian masih sangat dibutuhkan pasokan stok darah. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kekurangan tersebut, pasokan stok darah juga diperoleh dari sukarelawan yang melakukan donor darahnya.

"Stok darah bagi beberapa golongan mencukupi, akan tetapi golongan darah tertentu masih kekurangan," kata dia.

Upaya untuk memenuhi kebutuhan stok darah tersebut salah satunya mengajak peran serta para pengusaha atau swasta, misalnya pada peringatan ulang tahun perusahaan menyelenggarakan aksi sosial berupa donor darah. Menurutnya, dengan donor darah selain dapat membantu orang lain juga berdampak baik bagi diri sendiri.

"Selain itu kita juga menyediakan database berbasis aplikasi untuk mengingatkan para pendonor apabila sudah masuk waktunya mereka yang melakukan donor," papar dia.*

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023