Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, bersama Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mendorong Pemkab Melawi untuk mengoptimalkan keberadaan Posyandu di setiap desa untuk memaksimalkan layanan kesehatan bagi balita sebagai upaya pencegahan stunting.

"Pentingnya mencegah stunting terhadap anak-anak atau masa depan bangsa. Karena pada tahun 2045 atau 22 tahun lagi, Indonesia ini akan menjadi negara maju, jadi prediksi dari lembaga-lembaga keuangan dunia, Indonesia akan menjadi 4 (empat) negara terbesar di dunia setelah Negara China, Amerika dan India," kata Harisson di Kabupaten Melawi, Sabtu.

Dirinya menambahkan bahwa Indonesia khususnya Kalimantan Barat dalam menyambut hal itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten karena nantinya banyak perusahaan besar akan menanamkan investasi ke Indonesia.

"Untuk itu kita harus menyiapkan SDM untuk tahun 2045 nanti, mereka harus kita siapkan menjadi tenaga kerja yang cerdas, unggul dan berinovasi. Supaya mereka menjadi seperti itu, kita cegah untuk tidak stunting, kita ciptakan generasi sekarang ini nanti di Tahun 2045 menjadi anak-anak yang cerdas dan unggul," tuturnya.

Selanjutnya, Pj. Gubernur optimis anak-anak bangsa Indonesia khususnya anak-anak generasi masa depan Kalbar akan mampu bersaing dan bekerja dengan baik terhadap perusahaan-perusahaan besar yang berinvestasi di Kalbar.

"Jangan sampai ada alasan tenaga kerja kita tidak mempunyai kemampuan keahlian untuk bekerja di perusahaan mereka, untuk itu sekarang kita siapkan generasi kita ini agar generasi yang cerdas, kita bekali mereka nanti dengan pendidikan yang baik sehingga nanti mereka akan mampu bekerja di perusahaan perusahaan besar yang ada di indonesia, di Kalimantan Barat, maupun di seluruh dunia," katanya.

Untuk itu, dirinya menekankan kembali pentingnya mencegah stunting pada anak-anak atau ibu hamil.

"Untuk itu penting kita mencegah stunting ini, mencegah stunting ini dari anak-anak remaja putri harus sehat jangan sampe dia anemia (kekurangan darah) kemudian ibu hamil harus benar benar sehat tidak kekurangan energi yang kronis kemudian melahirkan. Setelah dilahirkan bayi diberi asupan yang cukup sehingga mereka menjadi cerdas," kata Harisson.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023