Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), siap melaksanakan manasik haji pada awal Mei 2024 untuk mematangkan persiapan ibadah calon jamaah haji asal Kapuas Hulu ke Makkah.

"Sejumlah dokumen keberangkatan calon jamaah haji sudah lengkap, termasuk beberapa kesiapan lainnya, dan rencananya pada 2 Mei 2024 ini kami laksanakan manasik haji," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kapuas Hulu Ali Fahrudin Nasution, di Putussibau, Kamis.

Ali mengatakan jumlah calon haji di Kapuas Hulu sekitar 150 orang, sedangkan yang masuk kuota keberangkatan baru 137 orang terdiri dari 124 orang kuota utama, lima orang kuota tambahan, dua orang kuota pemenuhan, lima orang kuota lanjut usia (lansia), dan satu orang kuota penggabungan mahram.

" Ada 12 orang lagi masih menunggu kepastian, apakah ada penambahan kuota lagi atau tidak. Jika tidak ada, maka akan diberangkatkan tahun 2025 mendatang," jelas Ali.

Ali menginformasikan untuk calon haji (calhaj) asal Kapuas Hulu direncanakan berangkat ke Embarkasi Batam sekitar 27 Mei hingga 1 Juni 2024.

"Untuk dokumen persiapan keberangkatan haji tahun 2024 di Kapuas Hulu sudah lengkap, baik paspor, bio visa, dan lain-lain," ucapnya.

Ia berpesan kepada calon haji untuk mempersiapkan diri, terutama dari sisi kesehatan dengan cara menjaga stamina, pola makan, dan apabila ada keluhan agar segera memeriksakan diri sebagai upaya pencegahan.

Selain itu, lanjut dia, persiapan spiritual keimanan juga sangat penting sebagai persiapan ibadah haji di Tanah Suci, dengan harapan sepulang menjalani ibadah haji dapat menjadi contoh di tengah masyarakat atau menjadi haji yang mabrur.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024