Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat memiliki 107 pondok pesantren dan telah berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan generasi muda.
 
"Dari 36.000 pondok pesantren di Indonesia, 107 di antaranya ada di Kubu Raya,” ucap Pj Bupati Kubu Raya Sy Kamaruzaman di Sungai Raya, Rabu.
 
Ia menilai pondok pesantren telah ikut berkontribusi membantu pemerintah daerah di bidang pendidikan dengan ikut serta mencerdaskan anak-anak Kubu Raya.
 
"Pondok pesantren telah berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam bidang pendidikan karena peranannya dalam membangun dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Kubu Raya," ujarnya.
 
Ia pun meminta para pengelola pondok pesantren di Kubu Raya dapat terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten, sehingga kerukunan dalam kehidupan beragama dan kemasyarakatan yang selama ini telah terbangun di Kubu Raya dapat terus terjaga.
 
"Pondok pesantren ataupun yayasan semoga dapat terus bersinergi dengan pemkab agar terjalin silaturahim dan dapat bersama membangun pendidikan di Kubu Raya," jelasnya.
 
Kehadiran pondok pesantren, menurut dia, dapat memberikan kekuatan besar dalam hal membangun Kabupaten Kubu Raya ke depan.
 
"Kami berharap lembaga pendidikan Islam ini akan memberikan dampak yang lebih khususnya dalam pembinaan keislaman dan ketakwaan masyarakat di Kubu Raya," ujarnya.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024