Polres Kubu Raya, Kalimantan Barat, menurunkan 27 personel untuk mengamankan empat Vihara utama demi memastikan kelancaran dan keamanan umat Buddha melaksanakan rangkaian ibadah dan perayaan Waisak di Kubu Raya.
 
"Empat Vihara tersebut adalah Vihara Maitreya, Vihara Vajra Bumi Kertayuga, Vihara Purva Vaidurya dan Vihara Vimalakirti yang berlokasi di Jalan Arteri Supadio, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat," ujar Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade di Sungai Ambawang, Kamis.
 
Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, menyampaikan dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak 2569 BE tahun 2024, Polres Kubu Raya telah mengambil langkah-langkah khusus untuk mengamankan sejumlah vihara di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

"Langkah ini diambil guna memastikan kelancaran dan keamanan umat Buddha yang akan melaksanakan rangkaian ibadah dan perayaan Waisak," katanya, didampingi Kasubsi Penmas Aiptu Ade .
 
Dalam mengamankan empat Vihara utama yang menjadi skala prioritas ini, pihaknya juga melibatkan jajaran TNI dari Koramil 1207-05/ Sungai Raya maupun pengamanan eksternal masing-masing vihara.
 
Ade menjelaskan petugas melakukan pengamanan ketat di pintu masuk dan di sekitar area vihara, sembari memastikan arus lalu lintas di sekitar tempat ibadah tetap lancar. Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk mencegah gangguan keamanan namun memberikan rasa khusyuk tanpa rasa khawatir saat umat Buddha melaksanakan ibadahnya.
 
Selain pengamanan fisik, Polres Kubu Raya juga berkoordinasi dengan pihak pengelola vihara untuk memantau situasi di sekitar area ibadah.
 
"Kapolres Kubu Raya juga menurunkan Tim kesehatan Sidokes Polres Kubu Raya untuk memberikan pelayanan kesehatan darurat apabila ada yang membutuhkan bantuan medis," terangnya.
 
Ade mengucapkan, atas nama Polres Kubu Raya, dirinya menyampaikan ucapan selamat hari raya Waisak kepada seluruh umat Buddha.
 
“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban dan saling menghormati agar perayaan ini dapat berlangsung dengan lancar, kepada seluruh umat Buddha. Atas nama Polres Kubu Raya kami mengucapkan selamat hari raya Waisak,” ujarnya.

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024