Analis Kebijakan Muda Sekretariat Wakil Presiden, Evytha Yogya Nirwana menyatakan pemerintah mengakui komitmen Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam  program nasional pemantauan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di Provinsi Kalimantan Barat.
 
"Alasan kita memilih lokasi ini adalah karena kami melihat dari komitmen yang tinggi dari Kubu Raya untuk penurunan angka stunting," ujar Analis Kebijakan Muda Sekretariat Wakil Presiden, Evytha Yogya Nirwana di Sungai Raya, Selasa.
 
Evytha mengatakan pihaknya melihat kolaborasi yang terjalin dari pemerintah pusat hingga pemerintah desa serta para kader-kader di Kubu Raya memiliki sinergisitas yang baik dalam penurunan stunting.
 
"Kami melihat Kubu Raya dari mulai Pj Bupati hingga turun ke pemerintah desa, komitmennya sangat sungguh-sungguh, untuk itu kami ingin mengetahui pembelajaran bagaimana situasi yang sebenarnya di lapangan," katanya.
 
Setelah mendatangi Posyandu Tunas Fajar yang berlokasi di Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, pihaknya melihat langsung komitmen tersebut dibuktikan, menurutnya dalam penurunan dan pencegahan stunting ini semua pihak harus bersinergi turun langsung ke lapangan.
 
"Ternyata betul semuanya turun ke lapangan dan penerimaan yang baik dari Pj Bupati Kubu Raya, beserta jajaran jingga pemerintah desa," tuturnya.
 
Ia mengatakan kegiatan pengukuran dan intervensi spesifik pencegahan stunting ini merupakan satu di antara arahan Wakil Presiden RI pada rapat tingkat menteri.
 
"Kegiatan ini merupakan satu di antara arahan dari wakil presiden pada rapat tingkat menteri, ada komitmen dari pemerintah bagaimana melakukan percepatan penurunan stunting karena kami melihat bahwa dalam tahun terakhir hanya turun 0,1 persen," ujar Evytha.
 
Pj Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman mengatakan jika dirinya berharap ke depan kegiatan ini harus terus dilakukan karena melalui kegiatan ini pihaknya dapat mendeteksi tumbuh kembang bayi dan anak di Kubu Raya.
 
"ini merupakan langkah yang bisa mendeteksi tumbuh kembang anak di Kabupaten Kubu Raya, jadi posyandu ini adalah garda terdepan untuk melihat perkembangan terkait tumbuh kembang bayi dan anak," katanya.
 
Kegiatan pemantauan dan intervensi pencegahan stunting ini akan dilakukan di lima kabupaten/kota di Kalbar, yakni Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Landak, Kota Singkawang dan Kabupaten Mempawah.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024