Kepala Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang, Kalimantan Barat AKBP Teguh Nugroho mengatakan salah satu tujuan Operasi Zebra Kapuas 2024 adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi di wilayah itu.

"Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bengkayang pada 2023 sebanyak 98 kasus dengan meninggal dunia 35 orang, luka berat 41 orang dan luka ringan 22 orang," kata Kapolres di Bengkayang, Rabu.

Ia mengatakan operasi zebra dengan melibatkan 40 personel dari 19 polsek wilayah setempat merupakan bagian dari Operasi Zebra Kapuas tahun 2024 yang digelar di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Di lingkup Provinsi Kalimantan Barat menurutnya pada 2023 terjadi sebanyak 1.160 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 393 korban meninggal dunia, 560 orang luka berat, 893 luka ringan, serta kerugian materiil yang mencapai Rp5,9 miliar. Angka-angka ini, menurut Kapolres, harus menjadi perhatian bersama.

Selain menekan angka kecelakaan lalu lintas, operasi ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas, khususnya menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2024. 

"Operasi ini juga bertujuan untuk mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, serta memastikan keamanan dan keselamatan berlalu lintas serta pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024," katanya.

Ia juga menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi yaitu menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam penegakan hukum, penggunaan teknologi secara optimal seperti "Electronic Traffic Law Enforcement" (ETLE) dan alat pemantau lainnya, serta koordinasi dengan instansi terkait untuk mengidentifikasi dan mengatasi titik-titik rawan kecelakaan di jalan raya.

Kapolres juga mengingatkan agar seluruh personel menjaga kesehatan dan kewaspadaan selama pelaksanaan operasi. Ia berharap personel dapat menjadi pelopor dalam berlalu lintas yang baik dan menjadi agen perubahan di tengah masyarakat.
 

Pewarta: Narwati

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024