Sabtu, 23 September 2017

IBDE 2017 Ajang Publikasi Pencapaian BUMN

id bumn, hempi n prajudi, NPNC
IBDE 2017 Ajang Publikasi Pencapaian BUMN
Hempi N Prajudi (Antara)
    Jakarta (Antara Kalbar) - Sebanyak 95 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap unjuk gigi menampilkan berbagai perkembangan dan pencapaian bisnis pada "Indonesia Business and Development (IBD) Expo" 2017 yang akan digelar pada 20-23 September, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

        IBDExpo 2017 dengan tema "Sinergi Indonesia Hebat" merupakan pameran yang keduakalinya diselenggarakan 4 BUMN kluster "National Publishing and News Corporation" (NPNC) yaitu Perum LKBN Antara, PT Balai Pustaka (Persero), Perum PNRI, dan Perum PFN.

        Ketua Pelaksana IBDExpo 2017 Hempi N. Prajudi, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu mengatakan melalui ajang IBDExpo 2017, masyarakat diajak mengetahui program-program yang telah dilakukan BUMN dalam kurun waktu setahun ke belakang.

        "Tidak hanya informasi perusahaan, masyarakat juga bisa berinteraksi dengan inovasi-inovasi BUMN," ujarnya.

         Hempi yang juga Direktur Komersial Perum LKBN Antara ini mengatakan ke-95 BUMN tersebut akan menampilkan produk-produk dan jasa unggulan, termasuk mengikutsertakan UKM-UKM yang menjadi mitra binaan BUMN.

         "Tak hanya itu, sekitar 100 perusahaan swasta Nasional dan Internasional (Singapura, Tiongkok, dan Malaysia) ikut meramaikan ajang tahunan ini," ujar Hempi.

         Sementara itu, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri BUMN, Devi W. Suradji mengatakan perusahaan milik negara memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia.

         Saat ini total aset seluruh BUMN mencapai Rp5.395 triliun, pendapatan sebesar Rp1.728 triliun, kontribusi pajak Rp220 triliun dan total dividen Rp38 triliun. Belanja modal BUMN pada 2017 meningkat menjadi Rp555 triliun yang akan dialokasikan untuk pembangunan 52 jalan tol, 17 bandara, 13 pelabuhan dan 19 jalan kereta api serta infrastruktur lainnya.

         Menurut Devi, sinergi BUMN tidak lepas dari kesuksesan pembangunan tersebut, seperti pembangunan Tol Laut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kota Walini, BBM Satu Harga, akan ditampilkan di ajang ini.

         "IDBExpo 2017 akan memperlihatkan lompatan katak (leap frog) yang telah dilakukan oleh BUMN. 'Leap frog' ini menjadi gambaran bahwa BUMN menjadi korporasi unggulan Indonesia yang mampu menunjang ekonomi nasional," tutur Devi.

         Ia pun berharap kegiatan tersebut tidak hanya sebatas eksibisi namun juga dapat menjadi wahana BUMN untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

         Di sela-sela IBDExpo 2017 tersebut, juga digelar berbagai kegiatan lainnya, antara lain pameran pembukaan Lowongan Keja yang ditampilkan oleh 25 BUMN untuk berbagai posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

         Dipamerkan juga mokap Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung, LRT, hingga Kota Walini.

         Selain itu, juga digelar seminar atau diskusi interaktif  "Peluang Bisnis", ajang bertukar pikiran dan peluang bisnis dari perusahaan BUMN dengan pebisnis swasta.

         "CEO Bicara", di mana para petinggi BUMN berbicara mengenai pembangunan-pembangunan strategis di Indonesia, seperti program Tol Laut, BBM Satu Harga, Rumah Kreatif BUMN untuk para UMKM, pembangunan moda transportasi kereta api, hingga ketahanan pangan.

         Selain IBDExpo 2017, Kementerian BUMN dan NPNC juga menggelar acara Indonesia Banking Expo (IBEX) pada 19-20 September 2017 dan acara IEC pada 20 September 2017.

Editor: Teguh Imam Wibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0061 seconds memory usage: 0.47 MB