Sungai Raya, Kalbar, 31/5 (ANTARA) - Masyarakat Desa Mengkalang Jambu, Kecamatan Kubu siap menyukseskan program kemandirian pangan yang dicanangkan Pemkab Kubu Raya.

"Desa Mengkalang Jambu memang belum satu tahun ini terbentuk, namun masyarakat kami sudah siap untuk membantu Pemkab Kubu Raya menyukseskan program Kemandirian pangan yang dicanangkan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendarwan," kata Kepala Desa Mengkalang Jambu, Abdullah, saat kunjungan kerja Bupati Kubu Raya di desanya, Jumat.

Dia menjelaskan, di desa yang dipimpinnya saat ini memiliki lahan tidur yang cukup luas, sekitar tujuh kilometer persegi. Dengan areal tersebut, dia optimistis bisa menjadi salah satu desa lumbung pangan Kubu Raya.

"Antusias masyarakat untuk membuka areal pertanian baru juga sangat tinggi, namun kendala yang dihadapi masyarakat saat ini adalah lahan pertanian di desa kami sebagian besar tidak memiliki pintu air, sehingga ketika musim penghujan dan banjir, sawah masyarakat selalu tergenang dan menyebabkan gagal panen," katanya.

Untuk itu dia mengharapkan Pemkab Kubu Raya melalui dinas Pertanian dapat membantu masyarakat di sana, agar potensi pertanian di desa itu bisa ditingkatkan.

Abdullah menyatakan, selama ini, Desa Mengkalang Jambu lebih dikenal sebagai salah satu desa penghasil Jagung. Di mana, dalam satu kali panen, desa tersebut bisa menghasilkan lebih dari 500  ton jagung.

"Namun, dengan adanya program kemandirian pangan yang digaungkan Bupati Kubu Raya, kami sangat bersemangat untuk mencetak areal perawahan baru, disamping terus mengembangkan potensi jangung," katanya.

Di tempat yang sama, Camat Kubu, Effendi mengatakan, Desa Mengkalang Jambu memang memiliki potensi lahan yang cukup luas untuk lahan pertanian. Berdasarkan hal tersebut, pihaknya akan mencoba menelaah lebih jauh potensi tersebut agar bisa di maksimalkan, bahkan tidak menutuup kemungkinan di desa itu bisa menjadi satu kawaan petanian yang potensial.

(ps0-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012