Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengharapkan keberadaan sarjana pemdamping desa (SPD) yang bertugas menyampaikan program pemerintah daerah kepada masyarakat, mampu untuk menjadi penggerak rumah tangga masyarakat.

"Para sarjana yang ada di Kubu Raya diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat, terutama salam menggerakkan rumah tangga masyarakat agar lebih produktif," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, saat memberikan pembekalan kepada 50 orang SPD, Selasa.

Sesuai dengan program SPD tersebut, Muda mengharapkan SPD harus bisa memotivasi dan membangun antusiasme masyarakat agar lebih produktif.

Menurutnya, jika masyarakat produktif, tentu upaya untuk meningkatkan IPM terutama dalam menekan tingginya angka pengangguran bisa dilakukan lebih cepat.

"Saya tahu, untuk melakukan hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Namun dengan kemauan dan kreatifitas dari SPD itu, tentu semua kemungkinan bisa diwujudkan," tuturnya.

Selain itu, Sarjana Pendamping Desa juga harus bisa memberikan informasi terbaru dari berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat agar pemerintah bisa dengan cepat mencari solusi dari masalah tersebut.

"Sehingga melalui SPD diharapkan dapat mengolah informasi program-program yang ada dari berbagai sektor , agar masyarakat dapat segera mendapatkan informasi secepatnya." kata Muda.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012