Sungai Raya, Kubu Raya (ANTARA Kalbar) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, bersama Tim Penggerak PKK setempat menerapkan Program Rumah Pangan Lestari untuk meningkatkan peran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan sendiri.

Program Rumah Pangan Lestari ini merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat yang diarahkan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian keluarga, kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Suharjo, di Sungai Raya, Kamis.

"Sebagai langkah awal, kami akan menerapkan program itu diwilayah Dusun Wonodadi yang juga sebagai percontohan untuk pelaksanaan program itu," katanya.

Menurutnya, dengan program Rumah Pangan Letari tersebut, setiap keluarga ke depan diharapkan dapat lebih memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk ditanami berbagai tanaman bermanfaat seperti sayur, buah dan obat-obatan, serta untuk budidaya ikan dan peternakan.

"Intinya program ini mengarahkan agar setiap keluarga yang ada di Kubu Raya bisa lebih memanfaatkan perkarangan rumahnya agar bisa memenuhi kebutuhan pangannya, juga untuk meningkatakn perekonomian keluarga," katanya.

Untuk model pelaksanaan program itu, lanjut Suharjo, pihaknya akan menetapkan suatu kawasan di mana semua masyarakatnya bisa memanfaatkan perkarangan rumah sebagai media pemenuhan kebutuhan pangan bahkan bisa menjadi lahan pendapatan baru bagi keluarga.

Dengan adanya kawasan tersebut diharapkan smeua warganya tidak lagi bergantung dengan produk dari luar, terutama untuk kebutuhan sayur-mayur, buah, ikan dan peternakan.

"Kami tentu akan terus melakukan pembinaan bersama PKK, hingga program ini benar-benar berhasil," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan menyatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya program itu di Kubu Raya.

Dia berpendapat, dengan adanya program rumah pangan lestari itu, diharapkan masyarakat bisa benar-benar lebih mandiri dan cepat meningkatkan perekonomian keluarga mereka.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012