Sungai Raya, (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 3.157 warga di Kabupaten Kubu Raya akan diberikan bantuan program keluarga harapan (PKH) dari Pemerintah Pusat.

"Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Bantuan itu berupa program keluarga harapan untuk 3.157 warga," kata Kepala Bidang Sosial, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya, Zulkarnain, di Sungai Raya, Selasa.

Zulkarnaen mengatakan, bantuan PKH yang diberikan Pemerintah Pusat itu akan disebarkan di sejumlah kecamatan di Kubu Raya, di antaranya Sungai Raya, Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Batu Ampar, dan Kuala Mandor.

"Alhamdulillah Kabupaten Kubu Raya adalah kabupaten ke tiga yang mendapatkan bantuan PKH, setelah Kota Pontianak, dan Kabupaten Landak," tuturnya.

Namun demikian, Zul menjelaskan pihaknya belum mengetahui berapa besaran anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk bantuan PKH itu, karena Dinsosnaker tidak terlibat langsung, tapi bantuan PKH itu akan langsung masuk ke rekening warga yang menerima.

Untuk membantu Pemerintah Pusat, lanjut Zul, pihaknya hanya mengutus sejumlah tenaga pendamping dan operator yang telah mendapat pelatihan langsung dari Kementerian Sosial. Nantinya pendamping yang telah mendapatkan pelatihan itu akan melakukan verifikasi data penerima, apakah warga benar-benar dikatakan layak mendapatkan bantuan PKH.

"Dari 3.157 warga yang mendapatkan bantuan PKH bisa saja berkurang dan tidak mungkin bertambah," tuturnya.

Karena, menurut Zul, sepengetahuan dirinya bantuan yang diberikan itu adalah bantuan bersyarat yang harus ditaati atau dijalankan si penerima. Sebagai contoh bantuan PKH adalah bantuan untuk ibu hamil, menyusui serta wajib sekolah bagi anak-anak.

Maka penilaian yang dilakukan pendamping adalah sejauhmana seorang ibu mengunjungi layanan kesehatan.

Dengan adanya pendampingan yang dilakukan petugas, tambah Zul, dapat diketahui sejauh mana efektivitas bantuan PKH dimanfaatkan penerima. Karena jika tidak digunakan dengan sebaik mungkin, kemungkinan besar di tahun berikutnya warga yang tidak memanfaatkan bantuan tidak akan mendapatkan lagi.

"Ini adalah bantuan yang pertama, dan semoga tahun berikutnya Kabupaten Kubu Raya mendapatkan bantuan PKH lagi," katanya.

Sementara itu, untuk anak usia sekolah dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama akan diberikan biaya bantuan sekolah. Sehingga tidak ada lagi anak-anak di Kabupaten Kubu Raya yang tidak merasakan pendidikan.

Zul berharap warga penerima PKH dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin. Karena tujuan dari bantuan itu adalah menekan angka kemiskinan.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012