Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Kubu Raya mengharapkan pemerintah setempat meningkatkan anggaran dana bantuan bagi guru yang berada di daerah terpencil, guna meningkatkan kesejahteraan guru yang bertugas disana.

"Pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2012 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-67 ini, diharapkan dukungan aktif seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan pengoptimalan peran guru," kata Ketua PGRI Kubu Raya, Iskandar di Sungai Raya, Senin.

Dia mengatakan, guru merupakan faktor penentu utama proses pendidikan dan pembelajaran. Tidak ada guru tidak ada pendidikan, hanya dengan sentuhan guru yang profesional dan bermartabat, serta sejahtera, anak-anak bangsa akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan bermutu.

Dia menyatakan, pada peringatan HGN tahun 2012 dan HUT PGRI ke 67 tahun ini, pemerintah sedang dan akan terus secara sungguh-sungguh berupaya memberdayakan guru agar benar-benar berkembang secara profesional dengan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, dan perlindungan bagi mereka dengan program pemerataan guru terutama di daerah terpencil.

Selain itu juga, Pemkab Kubu Raya diharapkan bisa memberikan tunjangan bagi guru-guru yang berada di daerah terpencil, sehingga guru-guru yang berada di perkotaan mau ditugaskan di daerah terpencil.

"Hal ini juga sebagaimana, diamanatkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru," tuturnya.

Iskandar menambahkan, ketidakcermatan dalam proses rekrutmen calon guru, proses penyiapan calon guru di jenjang pendidikan prajabatan hingga proses rekrutmen, penempatan, pelatihan dan jabatan dan proses supervisi kinerja guru merupakan siklus yang perlu di benahi dengan sungguh-sungguh secara berkelanjutan.

Dia menuturkan, Pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan penyelenggara pendidikan tidak pernah berhenti dan berupaya meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru.

"Secara bertahap dan berkesinambungan pihak-pihak yang berkepentingan ini akan melaksanakan peningkatan kualifikasi dan melakukan sertifikasi profesi guru sebagai bagian dan standardisasi kompetensi guru secara nasional.

"Untuk itu, setiap guru harus bisa menjaga profesinalisme dan kekompakan dalam menjalankan tugasnya," katanya.

(pso-171)



Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012