Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, berniat membangun rumah sakit daerah guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, namun rencana itu baru diwujudkan setelah pondasi dasar pelayanan kesehatan masyarakat kuat.

"Pembangunan rumah sakit daerah Kubu Raya perlu, mengingat pemerintah kabupaten masih belum memiliki rumah sakit sendiri, seperti di kabupaten/kota lainnya. Namun rencana itu hingga saat ini masih dalam wacana dan pembahasan pemkab dengan pihak-pihak terkait," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa.

Menurut dia, sebelum melakukan pembangunan rumah sakit di Kabupaten Kubu Raya, pihaknya akan memperkuat pondasi dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat melalui puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan. Setelah itu baru niat membangun tersebut diwujudkan.

"Jadi, mungkin untuk tahun ini proses pembangunan rumah sakit itu belum bisa terlaksana. Karena saat ini fokus pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat, jika pondasi pelayanan dasar itu sudah kuat baru akan membangun rumah sakit yang selama ini diidamkan oleh masyarakat Kubu Raya," tuturnya.

Sementara itu, mengenai persiapan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam membangun rumah sakit, Muda menyatakan, perlu disiapkan dahulu peralatan medis yang lengkap, SDM yang memadai serta pelayanan dasar yang kuat.

"Kita akui untuk tenaga medis saja masih kekurangan banyak. Untuk membangun rumah sakit tentu tenaga medisnya juga harus cukup dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat kita," kata Muda.

Selain itu, menurut dia lagi, untuk tenaga dokter sampai saat ini juga masih kurang.

Dia mengatakan jika tenaga dokter yang ada di Kubu Raya ditarik untuk memenuhi pelayanan rumah sakit, maka tenaga dokter di setiap puskesmas yang ada tidak dapat melayani masyarakat.

"Oleh karena itu, pembangunan rumah sakit masih dalam pemikiran dan pembahasan dengan pihak-pihak terkait," katanya.

Muda mengakui, saat ini sudah banyak pihak yang menawarkan untuk melakukan pembangunan rumah sakit di Kubu Raya. Namun untuk memenuhi tawaran itu Pemkab sendiri melakukan kajian-kajian terlebih dahulu.

"Banyak pihak yang menawarkan kepada saya untuk membangun rumah sakit di wilayah Kubu Raya. Namun kita masih belum ditanggapi dengan serius, karena proses pembangunan harus penuh dengan kajian-kajian terlebih dahulu," kata Muda.


Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013