Peserta UN Diminta Tidak Percayai Bocoran Soal

Senin, 15 April 2013 8:17 WIB

Padang (Antara Kalbar) - Peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA atau sederajat di Kota Padang, Sumatera Barat, diminta untuk tidak memercayai bocoran soal atau kunci jawaban yang dikirimkan seseorang melalui pesan singkat (SMS).

"Peserta UN untuk tidak percaya dengan isu atau bocoran soal yang beredar," kata Wali Kota Padang, Fauzi Bahar, di Padang, Senin

Ia menegaskan, jika ada pesan singkat berisi kunci jawaban soal, bisa dipastikan itu bohong. Ia juga meminta agar peserta UN maupun orang tua tidak terpancing isu jual beli jawaban yang beredar di kalangan pelajar.

Lebih lanjut ia mengatakan, naskah soal ujian, diamankan di kepolisian sebelum didistribusikan ke sekolah-sekolah. Ini dilakukan untuk menghindari kebocoran soal atau kunci jawaban.

"Soal ujian langsung diamankan di masing-masing polsek yang ada agar kerahasiannya dapat terjamin, saat membuka di gudang penyimpanan akan disaksikan langsung oleh dua orang dari Dinas Pendidikan, serta tiga orang dari pihak kepolisian," ujarnya.

Pihak kepolisian dan Satpol PP juga ditempatkan di setiap sekolah. "Mereka akan berada sekitar sekolah untuk mengamankan pelaksanaan ujian," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Indang Dewata mengatakan, peserta UN tahun 2013 di Kota Padang sebanyak 13.672 siswa tingkat SMA atau sedejarat.

"Pelaksanaan UN tahun ini akan diawasi sebanyak 20.005 pengawas yang terdiri dari guru-guru di Kota Padang serta pihak independen dari universitas," jelasnya.

Menurut dia, Dinas Pendidikan Kota Padang akan menerapkan sanksi jika ada pelanggaran dalam pelaksanaan ujian Nasional.

Sementara itu, lanjutnya, peserta ujian tidak dibolehkan membawa telepon genggam ke ruang ujian. "Pengawas akan melakukan razia terhadap siswa sebelum masuk ke ruang ujian," katanya.

(Ant News)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013

Terkait

Penghapusan ujian nasional sebuah terobosan

Senin, 16 Desember 2019 18:40

Bupati Karolin dukung penghapusan Ujian Nasional

Senin, 16 Desember 2019 17:06

Kapuas Hulu siap hapus ujian nasional

Jumat, 13 Desember 2019 22:50

Sekda Landak pastikan UNBK SMP/MTs lancar

Rabu, 24 April 2019 10:40
Terpopuler