Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengharapkan pemilihan putra-putri pariwisata Kabupaten Kubu Raya tahun 2014 dapat memberikan perubahan paradigma dari pola pikir masyarakat untuk lebih kreatif mengelola potensi wisata yang ada.

"Jika masyarakat bisa kreatif dalam memanfaatkan potensi wisata yang ada di sekitarnya, tentu dapat menjadi nilai tambah dalam mengembangkan potensi wisata yang ada," kata Rusman Ali, di Sungai Raya, Rabu.

Dia menyatakan, dengan digelarnya pemilihan putra-putri pariwisata itu, diharapkan dapat menjadi salah satu langkah untuk memberi peluang bagi generasi muda di dalam membangun kepariwisataan.

Rusman Ali menuturkan, mengingat di setiap kecamatan yang ada di kabupaten yang dipimpinnya memiliki potensi wisata yang cukup bagus, dan semuanya itu hanya tinggal dipoles dan didukung dengan sarana prasarana yang memadai maka potensi wisata tersebut bisa bertambah.

"Di Kecamatan Kubu sendiri memiliki objek wisata sejarah, ritual dan wisata alam. Sedangkan di kecamatan Sungai Kakap memiliki potensi wisata budaya dan rekadena," tuturnya.

Demikian pula dengan kecamatan lainnya yang juga memiliki potensi wisata yang tinggal dikelola, sehingga apa bila semuanya itu bisa dikelola dengan baik maka potensi budaya dan pariwisata di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat itu akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Dia menjelaskan, dengan letak geografis wilayah Kubu Raya yang sangat strategis, sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi Kabupaten itu untuk mengembangkan wisatanya.

"Sehingga begitu masyarakat luar datang ke Kalimantan Barat melalui gerbang udara, maka mereka sudah menginjakkan kaki ke Kubu Raya. Untuk itu saya berharap putri pariwisata yang menjadi ikon wisata di Kubu Raya bisa mengembangkan potensi-potensi tersebut dengan bekerja sama instansi terkait, dan hal itu bisa di lakukan dengan mudah," katanya.

Rusman Ali menambahkan apabila pola pikir masyarakat sudah bisa diubah, maka tidak perlu lagi dilakukannya promosi secara besar-besaran, karena dengan sendirinya para wisatawan akan datang berbondong-bondong ke Kubu Raya.

Dalam ajang pemilihan Putra-putri Pariwisata kali ini di ikuti oleh 24 orang peserta yang keseluruhannya adalah utusan dari 9 Kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Raya, Sungai Ambawang, Sungai Kakap, Rasau Jaya, Kubu, Teluk Pakedai, Batu Ampar, Kuala Mandor B, dan Kecamatan Terentang dang sebagai juara 1 dan "runner up" pada tahun ini adalah utusan dari Kecamatan Sungai Ambawang.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014