Sungai Raya (Antara Kalbar) - DPRD Kabupaten Kubu Raya mengharapkan terjadi peningkatan jumlah kuota jamaah haji di Kubu Raya tahun 2014 ini untuk menekan tingginya daftar antrian yang terjadi pada beberapa tahun terakhir.

"Kita menanggapi baik terhadap upaya Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang mengupayakan peningkatan kuota jamaah haji Kubu Raya tahun ini," kata Sekretaris Komisi D, DPRD Kabupaten Kubu Raya, Mustafa MS, di Sungai Raya, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya sangat mengetahui saat ini Odang Prasetyo yang menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial Pemkab Kubu Raya sangat konsen terhadap jamaah haji sewaktu dirinya bertugas di dinas Provinsi.

"Ini merupakan harapan baru buat kita agar Kubu Raya saat ini dapat bertambah jumlah kuota hajinya untuk pemberangkatan tahun 2014," tuturnya.

Menurut dia, kalau dilihat tiga tahun terakhir yang kita ketahui kuota haji Kubu Raya yang ditetapkan oleh Pemda Provinsi sebelumnya tidak sesuai dengan undang-undang dan peraturan menteri agama.

"Dirunut mulai dari tahun 2011 hanya 125 jamaah haji saja, tahun 2012 mengalami peningkatan sedikit yaitu 158 orang dan tahun kemarin 2013 meningkat juga tetapi tidak signifikan yaitu sebanyak 258 orang," katanya.

Mustafa juga mengatakan, mengenai mekanisme yang seharusnya dilaksanakan, dengan jumlah penduduk masyarakat di Kubu Raya yang beragama Islam sekitar 400 ribu lebih orang, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kuota haji di Kubu Raya sebanyak 400 orang.

"Mekanisme tersebut sesuai dengan aturan UU dan Permenag RI tentang haji yaitu jumlah masyarakat di suatu wilayah harus seribu per satu, jadi kalau 400 ribu jiwa, idealnya harus memberangkatkan 400 jamaah haji untuk di Kubu Raya," tuturnya.

Pihaknya juga meminta Kepada pemerintah provinsi dan Gubernur untuk menambah kuota haji di Kabupaten Kubu Raya untuk tahun ini sebesar 400 orang sesuai dengan ketentuan yang ada agar membludakan jamaah haji yang saat ini ada di Kubu Raya dapat ditekan dengan kuota yang diharapkan tersebut.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014