Sungai Ambawang (Antara Kalbar) - Desa Mega Timur yang terletak di Kecamatan Sungai Ambawang menjadi salah satu sasaran program pembangunan perindustrian bagi Kabupaten Kubu Raya, terlebih dengan segera didirikannya pabrik pupuk dan pestisida terbesar di Kalbar.

Pada intinya kita akan menyambut baik rencana pembangunan pabrik pupuk dan pestisida di desa ini.

"Paling tidak dengan adanya pabrik tersebut bisa menyerap banyak tenaga kerja lokal dan kita harapkan memberikan kontribusi besar bari pembangunan di desa ini," kata Kepala Desa Mega Timur, Kecamatan Sungai Ambawang, Adam di Sungai Ambawang, Minggu.

Dia menjelaskan, saat ini pihak investor yang akan mendirikan pabrik pupuk dan pestisida itu sedang melakukan pengurusan berbagai perizinannya pada pemkab Kubu Raya. Namun, untuk penyediaan lahan bagi pendirian pabrik itu sudah tidak ada masalah, karena antara pihak investor dan masyarakat pemilik lahan sudah menemukan kata sepakat.

"Rencananya pabrik itu akan dibangun di tepian sungai Landak untuk mempermudah proses muat dan angkut pupuk dan pestisida tersebut. Hanya saja saat ini kami dari pemerintah desa meminta kepada investor untuk mencari solusi konkret dari proses pembuangan limbah pabrik tersebut agar tidak mencemari lingkungan, khususnya air sungai di desa ini," tuturnya.

Selaku pemerintah desa, dirinya mengharapkan agar investor tersebut bisa mengurus berbagai perizinan yang diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

"Terutama mengenai izin pendirian pabrik dan izin pembuangan limbah, kita harapkan itu benar-benar dilakukan dengan baik," katanya.

Adam menjelaskan, saat ini di desa tersebut sudah memiliki pabrik sawit yang mengolah langsung sawitnya menjadi bahan setengah jadi. Sejauh ini keberadaan pabrik sawit tersebut juga sudah sangat membantu percepatan proses pembangunan, terutama jalan yang ada di desa itu.

"Di desa ini juga ada pabrik arang yang cukup banyak menyerap tenaga kerja lokal, sehingga masyarakat kami bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Ini tentunya sangat kita syukuri karena Desa Mega Timur saat ini terus menunjukkan peningkatan pembangunan, terlebih dengan banyaknya developer perumahan yang membangun kompleks perumahan di desa ini," kata Adam.

(KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014