Pontianak (Antara Kalbar) - Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, masuk enam besar lomba kelurahan tingkat nasional 2014, kata Camat Pontianak Selatan Yuni Rosdiah.

"Alhamdulillah, Kelurahan Parit Tokaya akhirnya masuk enam besar pada lomba kelurahan tingkat nasional," kata Yuni Rosdiah di Pontianak, Selasa.

Keenam lurah yang masuk enam besar tersebut, yakni terbaik Kelurahan Pamoyanan Kota Bogor; disusul Kelurahan Telogo Mas, Kota Malang; Kelurahan Kadipiro, Kota Surakarta; Kelurahan Parit Tokaya, Kota Pontianak; Kelurahan Matawai, Kota Sumba Timur; dan Kelurahan Sungai Lekop, Kota Bintan.

Yuni menjelaskan, pertama Kelurahan Parit Tokaya terseleksi di Kecamatan Pontianak Selatan untuk mewakili Kota Pontianak dalam penilaian Lomba tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

"Alhamdulillah penilaian tingkat provinsi yang diselenggarakan pada bulan Mei lalu, Parit Tokaya lolos sebagai juara satu. Kemudian kelurahan juara satu tingkat provinsi seluruh Indonesia ini akan diundang untuk menerima penghargaan di Jakarta, dan juga diundang menghadiri peringatan Kemerdekaan RI di Istana Negara," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Yuni mengaku belum puas kalau hanya sampai juara tingkat provinsi. Melalui inovasi, kreativitas, partisipasi masyarakat pihaknya berupaya melampaui target yang sudah ditentukan.

Tanggal 3 Juli berita gembira untuk Kota Pontianak dengan datangnya fax dari Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri bahwa dari 8.700 kelurahan di Indonesia Kelurahan Parit Tokaya masuk nominasi 10 besar kelurahan terbaik tahun 2014.

Kemudian tanggal 19 Juli tim dari pusat datang untuk verifikasi ke lapangan membuktikan kebenaran data yang dikirimkan dan menggali informasi penting yang mungkin belum tersampaikan, katanya.

Adapun kriteria penilaian ini terdiri dari delapan bidang pemerintahan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, keamanan masyarakat, partisipasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Hampir di semua bidang Kelurahan Parit Tokaya mempunyai inovasi seperti bidang pemerintahan Kelurahan Parit Tokaya unggul dalam pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi canggih. Untuk pengaduan masyarakat Parit Tokaya sudah memanfaatkan media elektronik begitu juga untuk layanan lainnya masyarakat bisa mengisi formulir elektronik di rumah sehingga bisa menghemat waktu pelayanan di kelurahan.

Di bidang kesehatan Parit Tokaya pernah mendapatkan penghargaan Pakarti Madya III pelaksana terbaik rumah tangga ber PHBS dari ibu ketua TP PKK Pusat Ibu VITA GAMAWAN FAUZI di Mataram pada peringatan Hari Keluarga Tahun 2012.

Saat ini Parit Tokaya juga mengembangkan kawasan wisata sehat, dalam kawasan wisata sehat ini terdapat Posyandu, dan PAUD, kawasan inovasi bebas jentik, dan kawasan tanpa asap rokok.

Kemudian di bidang pendidikan unggul mulai TK/PAUD sampai SMU/sederajat tidak ada anak usia sekolah yang tidak sekolah termasuk keluarga miskin, Bidang ekonomi melalui bank sampah Rosella mengubah sampah menjadi rupiah.

Bidang keamanan masyarakat membangun posko Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) senilai Rp30 juta dengan swadaya murni masyarakat, selain itu juga punya kelompok pemadam kebakaran masyarakat (Damkar Purnama).

Terakhir bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Parit Tokaya memiliki kader yang sangat aktif, banyak prestasi yang dicapai seperti juara satu tingkat nasional lomba pengisian KMS pada Jambore kader PKK di Bekasi tahun 2010.

"Mudah-mudahan Parit Tokaya menjadi yang terbaik dari enam kelurahan tersebut," ujarnya.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014