Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengajak masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran berolahraga untuk membentuk pola hidup sehat dan bugar dalam beraktivitas, pada peringatan Hari Olahraga Nasional 2014.

"Saya berharap dengan Haornas 2014 ini, dapat diupayakan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran berolahraga di kalangan masyarakat sehingga terbentuk pola hidup sehat dan bugar dalam beraktivitas. Di samping itu juga untuk meningkatkan prestasi atlet Kubu Raya di masa-masa yang akan datang," katanya saat peringatan Hari Olahraga Nasional 2014 di Sungai Raya, Selasa.

Menurut dia, tema Hari Olahraga Nasional tahun ini, yaitu Satukan Semangat Bangsa, mengandung makna perjuangan olahraga Indonesia yang terinspirasi dari semangat perjuangan Bangsa Indonesia dalam bidang olah raga dengan dimulainya PON pertama, 9 September 1948 di Solo.

Langkah tersebut sebagai langkah awal bangsa Indonesia untuk masuk dalam kegiatan-kegiatan olah raga Internasional, yang kala itu Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang baru merdeka.

"Kelahiran undang-undang nomor 3 tahun 2005 semakin memperkuat dan memperkokoh sistem olah raga Indonesia dengan pembinaan dan pengembangan olah raga nasional, sekaligus memperjelas kewenangan pemerintah pusat dan daerah dalam melakukan pembinaan dan pengembangan olah raga, baik olah raga prestasi, rekreasi dan pendidikan," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam perjalanan sejarah olahraga nasional menunjukan bahwa olahraga adalah salah satu indikator keberhasilan pembangunan nasional sehingga pembinaan dan pengembangan olahraga harus ditempatkan dalam kerangka program pembangunan nasional. Itu dirasakan penting, selain sebagai alat pemersatu bangsa juga sekaligus membangun karakter bangsa dari gaya hidup sehat yang terbangun dari kebiasaan berolahraga.

"Dalam kesempatan ini saya menyampaikan rasa terima kasih saya kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerja sama dalam penyelenggaraan Haornas di Kubu Raya yang kita laksanakan hari ini," katanya.

(KR-RDO/F003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014