Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala SMK Negeri 2 Singkawang Mizan menyatakan kesiapan anak didik dan sekolah dalam menghadapi ujian nasional dengan sistem online.

"Kepada siswa/siswi khususnya di SMK Negeri 2 Singkawang, harus sudah melakukan persiapan-persiapan jelang pelaksanaan Unas yang akan datang," kata Mizan. Pelaksanaan Unas diperkirakan pada bulan April mendatang.

Terlebih, kata dia, sistem Unas tahun ini sudah berubah, yakni menggunakan sistem CBT (Computer Based Testing) dan PBT (Paper Based Testing).

Meski siswa/siswinya sudah melaksanakan uji coba dari sekolah beberapa hari lalu, namun dia tetap mengingatkan untuk melakukan persiapan yang lebih matang.

Mizan mengatakan, sedikitnya ada 3 sekolah kejuruan di Singkawang, yang akan dijadikan percontohan ujian nasional dengan sistem online. Ketiga SMK tersebut, yakni SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, dan SMK Mudita Singkawang.

Sementara dari SMK Negeri 2 sendiri, kata dia, menyatakan siap untuk melaksanakan sistem ujian online. "Kalau SMK Negeri 2, Insya Allah siap. Karena sekolah kita memiliki 7 ruang lab, dengan kapasitas masing-masing lab terdiri dari 35 unit komputer. Yang siap online ada sekitar 5 lab," pungkas dia.

Menurut dia, diberlakukannya ujian nasional dengan sistem online, akan ada penghematan pada kertas soal. "Memang untuk tahap awal, banyak menggunakan komputer, tetapi kedepannya akan ada penghematan pada kertas soal," kata dia.

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015