Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sebanyak 1.000 siswa SMA/MA se-Kabupaten Kubu Raya Kalbar mengikuti kegiatan uji coba ujian nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kubu Raya bersama Gema Kosgoro Kalbar.

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk mempersiapkan siswa SMA/MA dalam menghadapi ujian nasional pada 13 hingga 15 April mendatang," kata Ketua Panitia pelaksana uji coba ujian nasional tingkat SMA/MA Kubu Raya, Dedi Apriyadi di Sungai Raya, Jumat.

Dia mengatakan, sebanyak 1.000 peserta itu merupakan siswa/i dari 12 sekolah yang berada di kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan Rasau Jaya, dimana uji coba dibagi menjadi dua sesi, pagi dan sore.

"Untuk soal yang diujikan menggunakan sistem terpadu, yakni enam mata pelajaran diujikan sekaligus," katanya.

Dedi menambahkan dilaksanakannya kegiatan uji coba di aula kantor bupati bukan di ruang belajar sekolah lantaran Dinas Pendidikan Kubu Raya dalam melaksanakan Try Out 2015 tidak mendapat anggaran sehingga digunakan aula bupati dengan pelaksanaannya didukung oleh sponsor yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kubu Raya untuk menyediakan soal dan LJK.

"Untuk pelaksanaan uji coba inipun tidak dipungut biaya dari siswa, dan kita gunakan aula bupati inipun secara gratis," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya M Yunus mengatakan, sebelumnya masing-masing sekolah tingkat SMA/MA juga telah melaksanakan uji coba UN di sekolah mereka. Namun uji coba yang dilaksanakan itu juga bertujuan agar siswa lebih memiliki kesiapan dalam melaksanakan ujian nasional tahun ajaran 2015/2016.

"Try out kali ini merupakan yang ke empat kalinya. Kami harapkan dengan semakin sering siswa diberikan soal simulasi UN, mereka bisa semakin terbiasa dan siap menghadapi UN nanti," katanya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan pihaknya sangat yakin bahwa seluruh sekolah yang ada di Kubu Raya telah mempersiapkan siswanya dengan baik untuk menghadapi UN. Namun, dia berharap agar seluruh siswa bisa bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dan berpikir optimis bisa lulus UN.

"Harapan saya ke depan, kegiatan uji coba benar-benar bisa kita siapkan secara rutin, terencana dan efisien sebagai bentuk kepedulian kami terhadap peningkatan mutu peserta didik. Makanya, tahun depan, agenda try out akan kita masukkan dalam program pemerintah daerah melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan akan dilaksanakan sebanyak dua kali," katanya.***4***

(KR-RDO)



Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015