Pontianak  (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat mengimbau masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sehingga bisa menumbuhkan iklim wisatawan yang baik di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

"Syarat mutlak kalau iklim investasi mau tumbuh positif, yakni harus tercipta rasa aman, sehingga wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kalbar menjadi betah," kata Gubernur Cornelis saat meresmikan Hotel Best Western Kota Baru di Pontianak, Sabtu.

Ia juga meminta media, baik cetak dan elektronik agar membuat berita yang berimbang, jangan hanya memberitakan yang negatif-negatif saja, tetapi beritakan juga informasi yang bersifat positif, sehingga tidak membuat takut wisman untuk berkunjung ke Kalbar.

"Kami dari pihak Pemerintah Provinsi Kalbar akan terus mengembangkan objek-objek wisata alam, sehingga bisa mendukung pertumbuhan hotel yang cukup bagus saat ini," ujarnya.

Apalagi menurut dia, letak geografis Kalbar sangat strategis untuk tujuan wisatawan, karena memiliki kekayaan alam, baik laut dan hutan tropisnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Best Western International Area Development Office Indonesia, Iwanto Hartojo menyatakan kesiapannya dalam mempromosikan kearifan lokal dan budaya masyarakat Kalbar dalam menarik kunjungan wisatawan ke provinsi itu.

"Komitmen kami untuk menjual daya tarik Kalbar sudah pasti, dengan memasukkan ke website kami (www.bestwesternasia.com) sebagai informasi. Lewat kegiatan promosi tersebut, katanya, masyarakat luar akan tertarik mengunjungi Kalbar, dan itu memerlukan waktu dan program jangka panjang," katanya.

Iwanto menjelaskan pihaknya sudah punya program kepedulian sosial seperti di Bali, dengan memberikan pelatihan tari Bali kepada karyawan maupun masyarakat setempat. "Kalau mereka sudah siap kami berikan kesempatan bisa tampil di hotel kami," ujarnya.

Iwanto optimistis kehadiran West Bestern di Pontianak bisa memicu kunjungan wisatawan nasional dan wisman, yang secara tidak langsung memicu tingkat hunian kamar hotel di Kalbar.

"Setiap hotel pasti punya keunggulan masing-masing, keunggulan Best Western mempunyai penjualan melalui internet, yakni di 250 `travel agen` di dunia sehingga masyarakat dunia bisa pesan dari mana saja," kata Iwanto.

Best Western Kota Baru memiliki 137 kamar dan dilengkapi dengan fasilitas modern dengan nilai investasi sekitar Rp70 hingga Rp100 miliar.



(U.A057/B/N005/N005) 09-05-2015 17:45:35

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015